Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

Donasi Miliaran Paus Fransiskus ke Negara-negara Terdampak Bencana




Vatikan, eBahana.com

Paus Fransiskus, pemimpin Gereja Katolik Dunia mengirimkan bantuan dana miliaran untuk sejumlah negara di dunia yang terkena bencana beberapa waktu lalu. Paus Fransiskus mengirimkan lebih dari 350.000 euro atau setara 5,9 miliar rupiah dari dana amal pribadinya untuk bantuan darurat di Haiti, Bangladesh dan Vietnam, demikian menurut Vatikan.

Dari jumlah itu, 200.000 euro disebut dikirim ke Haiti untuk membantu upaya pemulihan pasca gempa bumi yang mengguncang negara itu pada 14 Agustus lalu. Gempa itu telah membuat 2.207 orang meninggal dunia, 12.286 luka-luka dan 344 orang lainnya dinyatakan hilang, sementara 130 ribu rumah dilaporkan rusak. Gempa kali ini disebut lebih parah dari gempa tahun 2010 yang menewaskan puluhan ribu orang. United Nations Children’s Fund atau Dana Anak Perserikatan Bangsa-Bangsa menyebut lebih dari setengah juta anak-anak terdampak bencana ini.

Sementara itu, sekitar 50.000 euro dikirim ke Bangldesh untuk melanjutkan bantuan pemulihan dari Topan Yaas, yang menyebabkan puluhan ribu orang kehilangan tempat tinggal Mei lalu, dan sisanya ke Vietnam, di mana persediaan makanan telah terdampak pandemi COVID-19.

Mulai Senin lalu, Vietnam menurunkan tentara untuk menerapkan penguncian wilayah di Ho Chi Minh City, setelah kota itu mencatat rekor infeksi COVID-19. Vietnam mencatat 358.456 kasus dan 8.666 kematian.

Vatikan mengatakan bantuan itu adalah kontribusi awal dan akan dikelola melalui kedutaan besarnya di negara-negara tersebut. Untuk diketahui, sebagian besar uang amal untuk keperluan pribadi Paus Fransiskus berasal dari Peter’s Pence, dana yang dapat disumbangkan umat Katolik untuk tujuan umum atau khusus. Dana tersebut dilaporkan berjumlah 50 juta euro pada tahun 2020.

(dbs)



Leave a Reply