Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

Air, Molekul Istimewa bagi Kehidupan




eBahana.com – Air merupakan komponen yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.  Manusia memanfaatkan air mulai dari bangun tidur sampai kembali tidur, untuk kebutuhan kebersihan seperti mandi dan cuci, juga untuk konsumsi agar tubuh tetap segar.  Air merupakan molekul yang berasal dari ikatan sederhana dua atom hidrogen dan satu atom oksigen.  Di negara-negara tropis dunia dengan curah hujan yang tinggi, keberadaan air melimpah, dan tidak pernah membeku.  Hal ini merupakan sesuatu yang patut disyukuri.

Ketersediaan air yang melimpah di daerah tropis, tidak diimbangi dengan perilaku yang bertanggungjawab terhadapnya, seperti misalnya pemborosan air dan pencemaran terhadap badan air.  Berdasarkan situs jurnal bumi, PBB memperkirakan pada tahun 2025 akan ada sekitar 1,8 miliar manusia tinggal di negara yang mengalami kelangkaan air absolut. Selain itu dua per tiga populasi dunia berada dalam bayang-bayang kekurangan air.  Munculnya dampak negatif dari ketersediaan air di alam biasanya barulah membuat manusia menyadari pentingnya peranan air bagi kehidupan.

Manusia hendaknya memahami keberadaan atau eksistensi air sebagai bagian keistimewaan air itu sendiri.  Demikianlah hendaknya manusia memandang pentingnya keberadaan air di alam sebagaimana cara pandang Tuhan atas air.  Bagaimana Tuhan menyediakan air sebagai daya dukung kehidupan di alam semesta, terlihat dalam Kejadian 1:2 “Bumi belum berbentuk dan kosong, gelap gulita menutupi samudera raya dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.”  Kejadian 1:6-8 menunjukkan bahwa Tuhan membagi air sehingga sebagian ada di atas cakrawala atau ruang, dan sebagian di bumi (di bawah cakrawala atau ruang).  Bumi pun disiapkan untuk makhluk hidup.

Ketersediaan air di bumi kurang lebih 710 km kubik.  Namun demikian, tidak satu tetes pun air cair ditemukan di tempat lain di tata surya.  Tidak terdapat air dalam bentuk cair di Mars, Venus, Merkurius, atau di tempat lainnya, hanya di bumi.  Sebanyak 97% air tersebut berbentuk air laut dan hanya kurang dari 3% berupa air tawar yang bisa diminum.  Dari jumlah air tawar di dunia lebih dari 70%-nya berupa salju abadi, es di kutub dan glasier.  Sekitar 30% berupa air yang tersimpan jauh di dalam tanah.  Hanya 1% berupa air permukaan yang dapat dipergunakan dengan mudah.  Air tersebut diperbaharui dan disimpan di hutan dan daerah aliran sungai.  Namun sayangnya setiap tahun hutan hilang seluas 48 lapangan sepak bola per menit.  Keadaan tersebut membuat banyak daerah aliran sungai yang rusak tanpa bisa dikembalikan lagi.  Manusia perlu menyadari pentingnya air bagi kehidupan, sehingga dapat menghentikan kerusakan lingkungan yang menyebabkan kelangkaan air.

Hal-hal yang perlu diusahakan manusia untuk mencegah kelangkaan air bersih antara lain menghemat penggunaan air bersih, misalnya penggunaan shower saat mandi dapat menghemat air dibandingkan menggunakan gayung, mematikan keran air jika tidak digunakan, serta menggunakan air secukupnya untuk mencuci pakaian dan kendaraan.  Kebiasaan membuang sampah pada tempatnya juga turut menjaga kualitas air sungai dari pencemaran limbah domestik.  Industri-industri harus membuang limbah yang sudah diolah di badan air agar kualitas air dan keanekaragaman makhluk hidup tetap lestari.  Serta, kebiasaan mendaur ulang bahan bekas seperti plastik harus dilakukan agar kembali bermanfaat bagi kehidupan dibandingkan berakhir di perairan.  Sudah banyak korban makhluk hidup di perairan akibat pencemaran plastik, seperti hewan-hewan besar yang menelan sampah plastik dan penyu yang terhambat pertumbuhannya karena terlilit plastik.  Manusia sebagai makhluk Tuhan yang paling mulia memiliki tanggung jawab yang besar untuk menjaga lingkungan yang telah Tuhan ciptakan dengan sangat baik untuk menunjang kehidupan manusia.

Daftar pustaka: Gish, T Duane. 1990. the Amazing Story of Creation from Science and the Bible. LPSI: Surabaya, https://jurnalbumi.com/fakta-tentang-air/, http://alkitab.sabda.org/dictionary.php?word=air

Oleh Anugrah Agustina – FSI Club Ministry.



Leave a Reply