• PELUANG EMAS UNTUK MENJADI AGEN MAJALAH BAHANA
  • SEKALIGUS PEWARTA KABAR BAIK!
  • ANDA BERMINAT? SILAHKAN HUBUNGI: KANTOR MAJALAH BAHANA:
  • JL. BEO 38-40, YOGYAKARTA 55281
  • TELP. (0274)561881 EXT 113/208

Lima Macam Buah

By: Pdt.DR.Ir. Niko Njotorahardjo | Konseling | 06 Nov 2008, 11:06:43 | Dibaca: 3408 kali

Seseorang yang sudah mengenal Tuhan, pasti menghasilkan buah. Dan, buah itu harus terlihat jelas. Tuhan menghendaki setiap orang Kristen menghasilkan buah. Sudahkah Anda berbuah?

Kalau berbicara tentang buah, dalam Alkitab setidaknya ada lima jenis buah. Marilah kita perhatikan satu persatu. 

Buah Roh
Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu (Gal. 5:22-23). 

Nah, di sini ada sembilan buah Roh. Ini berbicara tentang perbaikan dalam sikap hati dan perilaku (karakter). Terus terang saja. Akhir-akhir ini saya banyak dikejutkan. Saya melihat banyak hamba Tuhan yang mendapat karunia-karunia Roh yang luar biasa, tetapi tidak diimbangi dengan karakter yang baik. Tetapi hari ini, Tuhan ingatkan kita tentang perbaikan dalam sikap hati dan perilaku (karakter). 

Buah Pekerjaan yang Baik
Sehingga hidupmu layak di hadapan- Nya serta berkenan kepada-Nya dalam segala hal, dan kamu memberi buah dalam segala pekerjaan yang baik dan bertumbuh dalam pengetahuan yang benar tentang Allah (Kol. 1:10). 

Ayat di atas berarti kita harus menjadi berkat bagi orang lain. Firman Tuhan berkata, “Berusahalah hidup damai dengan semua orang.” Kata semua orang, berarti tidak peduli apakah kepercayaannya berbeda dengan kita. Yang kita lakukan adalah berusaha hidup damai dengan semua orang. FirmanNya berkata, “Sedapat-dapatnya bila hidup itu bergantung padamu maka engkau harus hidup dalam perdamaian dengan semua orang.”

Hari-hari ini PEMILU di Indonesia sudah di ambang pintu. Saya mau katakan satu hal, tetapi sebelumnya saya mau tanya dulu, ”Saudara mengasihi Indonesia?” Kalau saudara mengasihi Indonesia maka jangan GOLPUT. Saudara cepat-cepat lihat apakah saudara sudah terdaftar sebagai pemilih. 

Buah untuk Hidup yang Kekal
Sekarang juga penuai telah menerima upahnya dan ia mengumpulkan buah untuk hidup yang kekal, sehingga penabur dan penuai sama-sama bersukacita (Yoh. 4:36). 

Apa arti ayat ini? Ini berbicara tentang jiwa-jiwa untuk Tuhan. Saudara-saudara, ingat kita harus mempersembahkan jiwa yang kita menangkan untuk Yesus Tuhan kita. Saya mau tanya, siapa di antara saudara yang sudah mendapatkan jiwa untuk Tuhan Yesus? Saya minta coba angkat tangan. Nah, yang belum angkat tangan, apakah saudara mau berbuah? Saudara tinggal doakan, “Tuhan, saya rindu jiwa yang dimenangkan untuk Tuhan.” Pasti Tuhan akan tunjukkan. Begitu ditunjukkan maka mulai doakan orang itu. Cepat atau lambat saya percaya ia akan saudara bawa kepada Tuhan Yesus. Yang percaya katakan amin. 

Dalam Tuhan tidak ada yang tidak bisa. Semuanya bisa sebab ini yang Tuhan kehendaki bagi kita. Begitu muncul wajah itu saudara doakan agar ia percaya Tuhan Yesus. Saya ingat, ada yang berdoa selama sebulan, satu tahun, belasan tahun bahkan ada yang puluhan tahun tetapi akhirnya orang itu datang kepada Yesus. 

Buah Kebenaran
Ia yang menyediakan benih bagi penabur, dan roti untuk dimakan, Ia juga yang akan menyediakan benih bagi kamu dan melipatgandakannya dan menumbuhkan buah-buah kebenaranmu (2 Kor. 9:10). 

Artinya, kita harus menggunakan pikiran dan perasaan Kristus dalam kehidupan kita sehari-hari untuk mengasihi orang-orang yang membutuhkan pertolongan. Ini perintah Tuhan! Kita diminta memperhatikan orang-orang miskin, orang-orang sengsara lebih lagi. 

Buah yang Sesuai dengan Pertobatan
Jadi hasilkanlah buah yang sesuai dengan pertobatan (Mat. 3:8).
Jadi harus ada perubahan dalam cara dan pola hidup kita setelah mengalami pertobatan. Orang yang bertobat cara hidupnya pasti berubah. Kalau dulu suka berjudi, pasti setelah bertobat berhenti judi. Kalau sudah bertobat, tetapi judinya lebih parah, ini tidak menunjukkan buah pertobatan. Dulu sebelum bertobat merokok satu pack sehari, begitu bertobat naik dua pack, tidak demikian! Harus ada perubahan berarti. Itu yang namanya buah.

Sumber: Majalah Bahana, November 2008

diggdel.icio.usfacebookredditstumbleuponTechnoratiYahoo Buzz!


Warta Populer




Berita IT

© Copyrigth @ CV. Andi Offset 2017
Contact: Online Devision
Jl. Beo 38-40
Yogyakarta, 55281
Indonesia
Tlp: 0274 545 465 ext. 204
ebahana.com v. 3.0.12.13