• PELUANG EMAS UNTUK MENJADI AGEN MAJALAH BAHANA
  • SEKALIGUS PEWARTA KABAR BAIK!
  • ANDA BERMINAT? SILAHKAN HUBUNGI: KANTOR MAJALAH BAHANA:
  • JL. BEO 38-40, YOGYAKARTA 55281
  • TELP. (0274)561881 EXT 113/208

12 THINGS EVERY SUCCESSFUL LEADER MUST SAY

By: Haryanto Kandani | Vitamin | 19 Aug 2015, 09:44:58 | Dibaca: 1781 kali

Achievement

Pemimpin sejati perlu menyadari bahwa setiap perkataannya berdampak besar pada tim dan individu. Oleh karena itu, sebagai pemimpin, kita harus memerhatikan perkataan atau ungkapan yang kita ucapkan. Perkataan kita dapat menguatkan atau melemahkan, mengapresiasi atau menghina, membangun atau menjatuhkan, menginspirasi atau memanipulasi, dan memotivasi atau mengintimidasi mereka. Di bawah ini ada beberapa ungkapan atau kalimat yang perlu kita gunakan sebagai leader:

1. Apa yang kamu pikirkan mengenai hal ini?

Ketika kita menanyakan apa yang kamu pikirkan, hal ini akan membuat mereka merasa bahwa kita menghargai pemikiran dan pandangan mereka. Perlu kita sadari bahwa tim kita adalah sumber ide, dan banyak hal yang bisa kita gunakan sebagai dasar pertimbangan dan masukan untuk pengambilan keputusan.

2. Saya memercayaimu

Setiap orang ingin dipercaya oleh atasannya. Ketika tim kita mengetahui bahwa kita sebagai leader memercayai, mereka akan berusaha membalasnya dengan performa yang baik, sikap loyal, dan usaha maksimal.

3. Saya tahu kamu sanggup lakukan itu

Ungkapan ini akan membangkitkan rasa percaya diri tim yang sering kali mereka meragukan kemampuannya sendiri. Ini juga akan meningkatkan probabilitas pencapaian tim terhadap target atau sasaran yang diberikan.

4. Ini bukan salah kamu

Seorang leader mengatakan ini dalam situasi tertentu, terutama ketika masalah muncul dan memang disebabkan oleh fakto-faktor eksternal. Ungkapan ini akan membuat tim mengerti bahwa leader tidak berusaha menyalahkan mereka. Hal ini akan membuat mereka merasa Anda berada di pihaknya.

 5. Saya bangga dengan kamu

Saya yakin setiap orang senang dipuji oleh orangtuanya, pemimpin, atau atasannya setelah mereka mengerjakan tugas dan memberikan hasil yang membanggakan. Jangan ragu untuk ungkapkan ini atas pencapaian mereka yang layak dipuji.

6. Tolong

Tim biasanya tidak senang dengan atasan yang bergaya bos yang sukanya merintah sana sini. Sebagai leader kita perlu membiasakan diri meminta dengan sopan dengan menggunakan kata tolong.

7. Terima Kasih

Percaya atau tidak sebuah survey menunjukkan bahwa 58% staff atau karyawan menyatakan bahwa atasan mereka sangat jarang secara personal mengatakan terima kasih untuk pekerjaan yang sudah diselesaikan.

8. Ide yang bagus, mari kita kerjakan

Jika kita sering mendapatkan ide yang bagus dari tim kita dan kita tidak pernah kerjakan atau lakukan, lama kelamaan mereka akan menjadi malas dan pasif menyumbang ide. Jadi kita perlu menciptakan suasana yang baik dengan menjalankan ide mereka jika hal tersebut memang memungkinkan.

9. Saya butuh pertolonganmu

Jangan ragu untuk menyatakan bahwa kita membutuhkan mereka, saat kita tidak bisa menyelesaikannya sendiri. Buat mereka menyadari bahwa kontribusi mereka sangat berarti dan dibutuhkan.

10. Apa yang saya bisa bantu?

Tim kita membutuhkan support. Buat mereka menyadari bahwa Anda siap membantu mereka. Ungkapan ini akan menunjukkan kepedulian kita dan kesiapan kita mendukung mereka terutama mengatasi kesulitan. Minimal mereka tahu bahwa mereka tidak sendiri.

11. Saya sudah membuat kesalahan

Bawahan tidak akan respek kepada atasan yang tidak pernah mau mengakui kesalahannya. Apalagi hanya bisa menyalahkan keadaan atau orang lain. Dapatkan rasa hormat dengan berani mengakui kesalahan kita atau keputusan yang kita ambil.

 12. Saya minta maaf

Kata “minta maaf” dapat menyembuhkan kekecewaan, memulihkan hubungan yang rusak, memberikan semangat yang baru, dan mendatangkan sikap hormat dari tim.

Setiap ungkapan kata-kata di atas dapat Anda praktikkan sesuai konteks dan kebutuhan. Anda akan melihat hasil yang berbeda pada spirit dan pencapaian tim Anda.

 

diggdel.icio.usfacebookredditstumbleuponTechnoratiYahoo Buzz!


Warta Populer




Berita IT

© Copyrigth @ CV. Andi Offset 2017
Contact: Online Devision
Jl. Beo 38-40
Yogyakarta, 55281
Indonesia
Tlp: 0274 545 465 ext. 204
ebahana.com v. 3.0.12.13