• PELUANG EMAS UNTUK MENJADI AGEN MAJALAH BAHANA
  • SEKALIGUS PEWARTA KABAR BAIK!
  • ANDA BERMINAT? SILAHKAN HUBUNGI: KANTOR MAJALAH BAHANA:
  • JL. BEO 38-40, YOGYAKARTA 55281
  • TELP. (0274)561881 EXT 113/208

RUTH IRMA WIDJAJA: INGIN JADI PENCIPTA LAGU ROHANI

By: Marettha | Artis dan Tokoh | 19 Jan 2015, 11:01:00 | Dibaca: 2211 kali

Saat usianya 15 tahun Ruth Irma Widjaja mencoba menggali kemampuannya menciptakan lagu. Tak dinyana, lagu pertamanya mengubah kehidupan seorang ibu.

Kau S’lalu Ada adalah lagu pertama yang diciptakan Ruth Irma Widjaja. Lagu itu tertoreh di album pertama One in Love (OIL). Gadis yang menjadi personil OIL ini belajar menciptakan lagu secara otodidak. Lagu pertama diciptakannya saat ia tengah mengalami masalah dalam keluarga. “Saya hanya memainkan piano dan tiba-tiba di otak saya muncul kata-kata untuk sebuah lagu. Lalu saya mencari nadanya dan jadilah dengan spontan lagu itu. Jadi, tidak ada yang mengajarkan, cuma memakai talenta musik yang Tuhan berikan, dan semua karena kemurahan Tuhan.”

Tujuan Ruth menciptakan lagu lantaran ia rindu setiap lagu yang Tuhan titipkan padanya bisa memberkati dan menguatkan banyak orang. “Just to let them know that God is real and He's always there for us,” imbuh dara kelahiran Jakarta, 1 September 1989.

Hingga saat ini sudah sekitar 30 lagu yang diciptakan Ruth. “Tapi ada beberapa yang belum tuntas. Mungkin yang sudah jadi kira-kira ada 20.” Semua lagu yang diciptakan Ruth adalah lagu rohani Kristen. Ruth sengaja memilih menciptakan lagu rohani. Alasannya, karena lagu pertamanya adalah lagu rohani, dan sampai saat ini ia mengaku belum memiliki keinginan menciptakan lagu sekuler.
 
Alasan lainnya, kata Ruth, ia merasa membuat lagu tentang Tuhan dan kebaikan-Nya memiliki arti lebih dan powerful. “Karena banyak orang bisa dijamah melalui lagu-lagu tersebut. Mereka juga mendapatkan kekuatan dan pengharapan. Lagu-lagu yang diurapi bisa mengubah hidup seseorang. It's life changing. Dan saya bersyukur bisa dipakai Tuhan dalam bidang ini,” katanya, penuh syukur.

TIDAK JADI CERAI
Selama menciptakan lagu, puteri pasangan Marzuki Widjaja dan Anita Ang ini mengaku sesekali menemui kesulitan. Ia mengalami kesulitan saat menyatukan nada dengan lirik. “Karena harus pas phrasing-nya. Kesulitan lainnya, mencari kata-kata yang tepat untuk mengekspresikan apa yang ada di hati saya.”

Dalam menciptakan lagu, biasanya Ruth terinspirasi oleh pengalaman hidupnya. “Inspirasi lainnya, ya dari apa saja yang Tuhan taruh di hati saya.” Seperti lagu Kau S'lalu Ada dan Bapaku yang Setia yang terinspirasi dari pengalaman pribadi.

Lagu Bapaku yang Setia diciptakan saat Ruth menderita sakit Rheumatoid Arthritis.  “Lewat penyakit, saya diajar untuk mengerti bahwa Tuhan itu baik dan setia. Lagu Bapaku yang Setia menggambarkan iman saya. Saat saya merasakan sakit, saya tetap menaruh pengharapan kepada Tuhan, Bapa yang setia, sebab rencana-Nya selalu indah bagi kita.”

Ruth berharap lagu-lagu yang diciptakannya bisa memberkati banyak orang. Tak disangka harapan Ruth tersebut rupanya sudah terwujud. Pasalnya, ada seorang ibu yang dijamah Tuhan setelah mendengarkan lagu ciptaan Ruth, Kau S'lalu Ada. “Setelah mendengarkan lagu Kau S’lalu Ada, ibu tersebut tidak jadi bercerai. That's how great God is! Tuhan bisa memakai apa saja untuk menjadi alat-Nya,meskipun itu lagu pertama yang saya ciptakan. Bukan lagunya yang hebat, tapi Tuhannya yang luar biasa,” cerita Ruth.

diggdel.icio.usfacebookredditstumbleuponTechnoratiYahoo Buzz!


Warta Populer




Berita IT

© Copyrigth @ CV. Andi Offset 2017
Contact: Online Devision
Jl. Beo 38-40
Yogyakarta, 55281
Indonesia
Tlp: 0274 545 465 ext. 204
ebahana.com v. 3.0.12.13