Gereja di Tengah Masyarakat Majemuk

By: Ag/Abd | Hot News | 28 Nov 2009, 08:42:35 | Dibaca: 3775 kali

Solo, Bahana
Berlangsung di Aula Universitas Kristen Surakarta (UKS), Badan Eksekutif Ma­hasiswa (BEM) UKS bersama Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) cabang Surakarta, menggelar diskusi dan sarasehan bertajuk Pro Eksistensi Gereja Di Tengah-Tengah Kemajemukan Masyarakat Di Kota Surakarta. Tema diskusi tersebut ditinjau dari perspektif hukum dan HAM, Theologis, dan Sos­ial History Masyarakat Surakarta. Wajar jika menghadirkan pembicara Jhony Nelson Simanjutak, S.H. (Anggota Komnas HAM RI), Pdt. Mungki Aditya Sasmita, S.Th.,MA. (GKI Sangkrah), Pdt. Hida Diyanto, S.Th.,Msi. (GKJ Cakraningratan), dan Sudarmono, SU. (Dosen Sejarah UNS).

Dalam diskusi tersebut Jhony Nelson Simanjutak menyayangkan sikap nega­ra yang belum sepenuhnya menyatakan hak-hak warga negaranya. Beliau juga menyinggung masih banyaknya kasus yang mengemuka. Seperti pengrusakan dan penutupan gereja, IMB tempat iba­dah yang berbelit-belit dan dipersulit, yang sebenarnya tidak perlu terjadi, apabila negara konsekuen menjalankan amanah UUD 1945 sebagai dasar konstitusional negara.

Melalui rilis yang diterima Bahana. Ketua Panitia, Agung Joko Purnomo mengatakan, diskusi yang digelar Sabtu, (26/9) tersebut diharapkan berman­faat dalam memperkuat semangat pelayanan, dan jaringan konsolidasi umat Kristen di Indonesia pada umumnya. “Menjadi referensi dalam menemukan dan merumuskan pola strategi, dan arah gerak pelayanan yang menjawab situasi serta kondisi kekinian di wilayah medan layanan gereja.” Eksistensi gereja sebagai institusi dan umat Kristen, akan semakin kokoh dalam menjalani relasi yang baik dengan lingkungan sosialnya.

Sumber: Majalah Bahana, November 2009

diggdel.icio.usfacebookredditstumbleuponTechnoratiYahoo Buzz!


Warta Populer


Layanan SMS

Untuk Renungan Malam
Ketik REG <spasi> REMA
Untuk Renungan Pagi
Ketik REG <spasi> REPA
Untuk Renungan Siang
Ketik REG <spasi> SIANG

Kirim ke:
Telkom (Flexi Classy, Trendy, Combo): 7363
XL (Jempol, Bebas, Explor): 7363

Untuk berhenti:
UNREG PAGI / SIANG / MALAM
& kirim ke nomor yang sama diatas

Khusus untuk TELKOMSEL
Ketik REG MALAM (atau SIANG, PAGI, MUDA)
Kirim ke 5454.
Untuk berhenti berlangganan, ketik UNREG MALAM (atau SIANG, PAGI, MUDA) ke 5454
*) Rp. 1000,- per SMS + PPN


Pengumuman

RALAT BAHANA cetak edisi November 2012
24 Okt 2012
Lowongan Penerbit Andi
15 Jun 2012
© Copyrigth @ CV. Andi Offset 2014
Contact: Online Devision
Jl. Beo 38-40
Yogyakarta, 55281
Indonesia
Tlp: 0274 545 465 ext. 204
ebahana.com v. 3.0.12.13