Pdt. Gilbert Lumoindong: Alkitab Sudah Terbukti

By: Len/Okta | Hot News | 05 Sept 2009, 08:09:53 | Dibaca: 9059 kali

Menyoal relevansi Alkitab pada konteks saat ini, Bahana menanyakan pengalaman Pdt. Gilbert Lumoindong membawakan program radio Hari Ini Harinya Tuhan. Program yang disiarkan setiap hari ini mengupas bagian-bagian Alkitab secara sederhana dan kontekstual. Inilah kutipan wawancara Bahana di Gereja Glow Center, JaCC, Jakarta (2/8). 

Apakah makna Alkitab buat Bapak? 
Bagi saya, Alkitab itu adalah buku yang asyik untuk dibaca. Meskipun penulisannya sudah tua sekali, isinya masih relevan sampai sekarang. Contohnya, jika membicarakan masalah keluarga, suami hanya boleh punya satu orang istri, begitu sebaliknya. 

Bagaimana mempersiapkan diri untuk mengisi program Hari Ini Harinya Tuhan? 
Saya melakukannya dengan asyik. Karena saya cukup sibuk, mau tidak mau saya harus belajar pribadi dan sistematis untuk menggali Firman Tuhan. Dari situ saya menemukan banyak makna yang dalam dari Firman Tuhan. 

Bagaimana cara agar firman Tuhan tersebut tetap relevan untuk kehidupan orang percaya di setiap waktu? 
Saya selalu gunakan pengertian, kita harus sadar bahwa kita itu injak tanah.

Firman yang kita baca itu bukan untuk orang-orang yang terbang ke langit. Firman Tuhan itu ada karena kita, manusia, masih punya banyak kekurangan. 

Bukankah Alkitab ditulis pada konteks dan budaya yang berbeda dengan kita? 
Saya pegang apa yang dikatakan oleh Pengkhotbah “tidak ada sesuatu yang baru di muka bumi karena yang ada sekarang itu pernah ada dan yang sudah ada akan ada lagi.” Dengan demikian, apa yang sudah ada akan tetap ada dan akan terjadi lagi. 

Bagaimana melihat perkembangan dunia postmodern saat ini, terutama paham yang meragukan kebenaran yang sesungguhnya yaitu Alkitab? 
Orang yang meragukan firman Tuhan adalah orang yang tidak pernah menyelidiki firman Tuhan. Karena dia tidak mengetahui firman itu sendiri. Untuk menyampaikan sebuah teori kita harus menggali dahulu. 

Apakah pernah tergoda untuk meragukan kebenaran Alkitab? 
Saya tidak pernah meragukan kebenaran Alkitab. Saya berpegang teguh pada Alkitab karena sudah terbukti. Sedangkan orang yang bicarakan itu bisa berubah setiap saat. Ketika masuk pada zaman tertentu, teori itu akan terbuang dengan sendirinya. Namun Alkitab tetap sama. 

Bagaimana cara yang paling tepat agar tidak larut dalam keraguan mengenai kebenaran Alkitab? 
Daud bilang, “kecaplah dan lihatlah betapa baiknya Tuhan.” Intinya, Tuhan itu harus kita ajak bergaul, lihat dan rasakan. Jangan bilang orang itu jelek kalau kita tidak kenal dengan orang tersebut. Demikian juga dengan Tuhan dan Alkitab. Kita tidak bisa bilang Alkitab tidak ada nilainya jika kita tidak bergaul di dalamnya. 

Apakah bapak yakin bahwa Alkitab itu firman Allah? 
Saya sangat yakin. Ketika saya baca dan pahami ayatnya, saya merasakan ada mukjizat. Ada jawaban untuk setiap pertanyaan kita. Secara moral, akitab juga benar. Dalam Alkitab itu semua berisi firman Allah. 

Sebagian orang berpendapat bahwa Alkitab hanya sesuatu yang berisi firman Tuhan, kitalah yang harus mencari firman Tuhan itu sendiri melalui Alkitab, bagaimana tanggapan Bapak? 
Orang tersebut belum mengalami kuasa firman itu sendiri. Karena kalau kita mengalami, kita akan tahu bahwa setiap titik dan kata dalam Alkitab tidak akan berlalu tanpa sia-sia. Misalnya kata “tetapi”. Saya merenungkan kata “tetapi” sudah mengubah makna. “Saya sakit, tetapi Tuhan menyembuhkan.” Jadi, Tuhan adalah Allah yang membalikkan segala kalimat awal dengan kata “tetapi”. Dalam Alkitab, ada ayat-ayat yang memberkati saya dengan kata-kata sederhana di dalamnya.

Sumber: Majalah Bahana, September 2009

diggdel.icio.usfacebookredditstumbleuponTechnoratiYahoo Buzz!


Warta Populer


Layanan SMS

Untuk Renungan Malam
Ketik REG <spasi> REMA
Untuk Renungan Pagi
Ketik REG <spasi> REPA
Untuk Renungan Siang
Ketik REG <spasi> SIANG

Kirim ke:
Telkom (Flexi Classy, Trendy, Combo): 7363
XL (Jempol, Bebas, Explor): 7363

Untuk berhenti:
UNREG PAGI / SIANG / MALAM
& kirim ke nomor yang sama diatas

Khusus untuk TELKOMSEL
Ketik REG MALAM (atau SIANG, PAGI, MUDA)
Kirim ke 5454.
Untuk berhenti berlangganan, ketik UNREG MALAM (atau SIANG, PAGI, MUDA) ke 5454
*) Rp. 1000,- per SMS + PPN


Pengumuman

RALAT BAHANA cetak edisi November 2012
24 Okt 2012
Lowongan Penerbit Andi
15 Jun 2012
© Copyrigth @ CV. Andi Offset 2014
Contact: Online Devision
Jl. Beo 38-40
Yogyakarta, 55281
Indonesia
Tlp: 0274 545 465 ext. 204
ebahana.com v. 3.0.12.13