Input your search keywords and press Enter.

Yohanes Sunardi: NUTRISI DAN KEPIKUNAN (ALZHEIMER)

Alzheimer adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti orang. Penyakit ini bisa membuat seseorang kehilangan akal dan pikiran. Penyakit Alzheimer tak hanya menimpa orang dewasa, bahkan sering terjadi juga pada anak kecil.

Sebenarnya penyakit Alzheimer sangat dipengaruhi oleh faktor genetik, tetapi para ahli kesehatan mengamati bahwa ada faktor lain yang dapat membuat seseorang terserang Alzheimer, yakni gizi, pendidikan, kondisi diabetes, aktivitas mental, dan fisik. Dari faktor makanan atau gizi merupakan hal penting yang perlu Anda ketahui agar terhindar dari penyakit demensia dan pikun.

Pikun akan membuat pekerjaan Anda kacau dan berdampak buruk pada karier. Pekerjaan yang menumpuk akan menjadi semakin kacau jika Anda lupa dengan apa yang Anda kerjakan. Misalnya, seharusnya Anda mengerjakan tugas hari ini, tetapi karena Anda lupa, pekerjaan itu belum Anda kerjakan. Selain urusan pekerjaan, pikun juga akan mengganggu urusan-urusan lain, misalnya urusan keluarga. Bagi Anda yang tidak mau menjadi pikun, cegahlah dengan cara mengonsumsi makanan-makanan yang baik untuk otak Anda. Berikut ini adalah beberapa makanan pencegah pikun :

Ikan

Sumber: ikanricarica.com

Ikan merupakan salah satu makanan yang dapat mencegah penyakit pikun karena ikan memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk otak, yaitu asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan fungsi syaraf dan penglihatan bayi sehingga perkembangan otaknya menjadi lancar. Kaitannya dengan pikun, omega 3 dapat membalikkan perubahan otak yang disebabkan oleh gen yang meningkatkan risiko demensia/pikun.

Kacang-kacangan

Sumber: yukepo.com

Kacang memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi, yang sangat baik untuk kesehatan kulit . Selain mengandung vitamin E, kacang juga mengandung asam folat, mineral dan asam amino orginine. Kacang adalah salah satu makanan yang dapat mencegah penyakit pikun karena mampu menghambat sinyal penyebab kerusakan pada otak karena kacang mengandung aplha-linolenic acid (ALA) dan polifenol (antioksidan). Kacang yang direkomendasikan untuk mencegah kepikunan adalah kacang jenis kenari dan almond. Kacang-kacangan juga kaya akan gamma-tosoferol, yaitu vitamin E yang bekerja untuk mencegah lemak jahat (LDL) agar tidak menggumpal sehingga tidak menyumbat arteri dalam tubuh.

Buah Apel

Sumber: merahputih.com

Buah apel adalah buah yang cukup digemari oleh setiap orang karena rasanya yang manis dan segar. Apel juga termasuk makanan yang dapat mencegah penyakit pikun. Kandungan quercetin pada buah apel dapat melindungi otak dari radikal bebas yang menyebabkan timbulnya penyakit Alzheimer. Apel juga dapat meningkatkan kecerdasan otak manusia karena mengandung asetilkolin.

Stroberi

Sumber: warungkopi.okezone.com

Stroberi mengandung fisetin disebut flavonoid yang dapat meningkatkan kerja memori di otak. Semua jenis berry, termasuk blueberry, juga kaya antioksidan yang dapat membantu mengurangi stres di otak

Kuning telur

Sumber: hellosehat.com

Makanan untuk perkembangan otak dan memori melimpah di kuning telur. Inilah mengapa anak di bawah usia tujuh tahun dianjurkan mengonsumsinya, karena area yang memengaruhi daya ingat masih berada pada tahap awal pengembangan. Namun ingat, kuning telur tinggi kolesterol, jadi bagi orang dewasa hati-hati!

Biji Kopi

Sumber: hellosehat.com

Biji kopi kaya akan vitamin, mineral, antioksidan, dan asam amino. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kopi secara teratur dapat mengurangi risiko demensia. Sebuah penelitian di Korea Selatan bahkan mengungkap bahwa kopi mengandung zat yang dapat memperlambat pertumbuhan tumor otak.

 

 

 

 

Leave a Reply