Input your search keywords and press Enter.

James Gwee : Menemukan Pola Kesuksesan

Setiap orang pasti ingin tahu rahasia sukses. Setiap sales pasti ingin tahu formula yang tepat untuk menjadi juara sales. Toko buku penuh oleh tawaran tips dan teknik yang beragam untuk mendapatkan penjualan. Ada banyak penulis, banyak buku, banyak teknik. Beberapa teknik berhasil untuk sebagian orang, sementara teknik yang lain tidak. Namun,tidak ada satu formula yang berhasil untuk semua orang. Bagaimana solusinya? Solusinya adalah mencari teknik yang bekerja baik untuk Anda. Bagaimana cara menemukannya?

Langkah 1 – Membuat daftar utama
Daftarkan semua pelanggan Anda. Semakin lama Anda menjadi sales, semakin panjang daftar tersebut.

Langkah 2 – Mengidentifikasi pelanggan 10% teratas
Dari daftar utama tersebut, identifikasi 10% pelanggan teratas berdasarkan halhal ini :
– Pelanggan 10% terbaik dan terbesar (mereka yang paling banyak membeli dari Anda)
– Pelanggan 10% terbaik dan tersering (mereka yang paling sering membeli dari Anda)
– Pelanggan 10% terbaik dan paling cepat sepakat (pelanggan yang dengan cepat sepakat dengan Anda)
– Pelanggan 10% yang paling banyak memberi Anda saran pelanggan lain

Langkah 3 – Watak yang sama
Untuk masing-masing kategori pelanggan 10% terbaik, coba analisis dan cari tahu kesamaan di antara para pelanggan yang ada. Contoh, kelompok umur yang sama, gender yang sama, bisnis yang sama, profesi yang sama, posisi yang sama, sumber yang sama, etnis yang sama, hobi yang sama, profil watak yang sama.

Jika cermat dan hati-hati, Anda akan menemukan beberapa kesamaan karakteristik pada pelanggan 10% terbaik Anda. Setelah menemukan itu, Anda juga menemukan pola kesuksesan Anda.

Langkah 4 – Mengapa mereka menjadi pelanggan 10% terbaik Anda? (Mengapa mereka membeli dari Anda atau mengapa mereka suka dengan Anda?)
Setelah Anda mendaftar pelanggan 10% terbaik Anda, dan setelah menemukan kesamaan karakteristik mereka, pertanyaan berikutnya yang perlu diajukan pada diri sendiri adalah, “Mengapa penjualan saya lebih baik kepada kelompok ini daripada kelompok pembeli lainnya?” Mengapa kelompok pembeli ini membeli lebih cepat/banyak. dari saya ketimbang pembeli lainnya?
-Apakah karena perusahaan saya (reputasi, perusahaan internasional, perusahaan lokal, hubungan bisnis yang telah lama berjalan, hubungan yang baik dengan pemilik perusahaan, …)?
-Apakah karena produk (harga yang sesuai, kualitas produk, perusahaan Anda adalah satu-satunya yang memiliki produk yang diinginkan,…)?
-Apakah karena saya (keahlian, pengetahuan, presentasi, watak, antusiasme saya…)? Memahami hal-hal tersebut amat
penting agar Anda tahu sesungguhnya poin penjualan Anda dari mata pelanggan. Apa yang membuat orang lebih suka membeli dari Anda?

Langkah 5—Di mana Anda dapat
lebih menjaring pelanggan semacam
ini?
Setelah Anda menemukan jawaban untuk langkah 3 dan 4, langkah 5 seharusnya mudah dilakukan. Langkah 5 bergantung dengan jawaban Anda pada langkah 3 dan 4. Jadi, jika Anda tidak mendapat jawaban bagi langkah 3 dan 4, Anda tak akan mampu melakukan apa-apa pada langkah 5. Juga, jika Anda mendapat jawaban yang salah pada langkah 3 dan 4, Anda pasti juga akan mendapat jawaban yang salah pada langkah 5.

Jadi, sediakan waktu, sabarlah ketika Anda memasuki langkah 3 dan 4. Anda harus melakukan sebaik mungkin untuk mendapat jawaban paling akurat. Jangan tergesa-gesa pada langkah 3 dan 4.

Langkah 6—Saatnya bertindak! Setelah jawaban bagi langkah 5 sudah jelas, Anda seketika juga dapat bertindak untuk bertemu dengan tipe-tipe pelanggan yang sesuai pada tempat yang sesuai. Bahkan, saya bisa menjamin bahwa setelah jawaban langkah 3, 4, dan 5 sudah jelas, Anda akan amat gembira untuk lekas bertindak.

“Jika pekerjaan terasa susah, Anda melakukan hal-hal yang salah. Pekerjaan seharusnya menyenangkan!”
(Roger Hamilton)

Untuk mengundang James Gwee memberi
training/seminar untuk tim Anda, hubungi
021-39837063, atau silakan kunjungi situs
webnya di www.jamesgwee.com

Leave a Reply