Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

KEKUATAN SINERGI

Oleh: Haryanto Kandani

“Anda tidak bisa melakukan semuanya sendiri. Jangan takut mengandalkan orang lain untuk membantu Anda mencapai sasaran.”

(Oprah Winfrey)

Dalam kehidupan ini kita tidak dapat meraih sesuatu yang signifikan seorang diri. Artinya, sebagai seorang achiever, kita perlu menyadari bahwa kita membutuhkan orang lain dalam proses pencapaian. Seperti sebuah simfoni yang tidak bisa berjalan sendiri karena dibutuhkan lebih dari satu orang untuk memainkannya. Sesuatu yang lebih besar akan terjadi dan kita dapat meraih lebih banyak hal jika kita bekerjasama. Kita akan mendapat lebih banyak dalam hal hidup ini jika kita mau membantu dan dibantu oleh orang lain.

Jika memerhatikan secara detail orang-orang yang berhasil, Anda akan menemukan bahwa keberhasilan mereka tidak diraih seorang diri. Anda pasti akan menemukan orang lain yang turut membantu dan mendukungnya. Hal tersebut bisa berupa nasihat yang baik, pengaruh positif, bantuan keuangan, dukungan moril atau referensi yang menguntungkan, bahkan mungkin hanya sekadar inspirasi atau teladan baik bagi mereka.

Entah dalam karier, hubungan pribadi, maupun kehidupan, kita semua membutuhkan orang lain jika ingin mencapai tingkat pencapaian yang lebih besar. Anda bisa memilih bekerja bersama dengan orang lain, atau Anda bisa bekerja seorang diri, tetapi kesuksesan terbesar dalam kehidupan menghampiri mereka yang bekerja secara harmonis dengan orang lain. Jika sasaran pribadi Anda sama dengan sasaran pribadi orang lain, bukan saja kekuatan dari kerja gabungan Anda menguntungkan Anda. Kerja sama semacam itu juga menciptakan efek sinergis yang akan membuat Anda meraih jauh lebih banyak daripada gabungan usaha pribadi Anda. Inilah yang dinamakan sinergi.

Sinergi berasal dari kata Yunani yaitu sunergos: sun (bersama), ergon (bekerja) yang berarti bekerja bersama. Kekuatan sinergi bukanlah seperti kekuatan matematis seperti; 2 kemampuan + 2 kemampuan = 4 kemampuan, melainkan bisa lebih dari itu. Dengan bersinergi, hasilnya bisa 8 atau bahkan lebih. Kekuatan sinergi pernah dibuktikan melalui sebuah kontes kuda di sebuah kota di Amerika. Kuda juara pertama sanggup menarik 2.250 kg, juara kedua sanggup menarik 2000 kg. Apabila secara bersama-sama menarik sebuah beban, secara teori harusnya kuda-kuda itu mampu menarik 4.250 kg. Untuk mengetes kemampuan kuda-kuda itu, kedua kuda disatukan untuk menarik gerobak yang diberi beban. Ternyata hasilnya mengejutkan semua orang karena kedua kuda tersebut mampu menarik beban seberat 6.000 kg, yaitu 1.750 kg lebih berat dibanding jumlah yang mampu mereka lakukan sendiri-sendiri.

Ini menunjukkan bahwa bekerja bersama dapat menghasilkan sinergi untuk pencapaian yang jauh lebih hebat. Ini berlaku dalam bisnis, rumah tangga, organisasi, dan area kehidupan lainnya. Suatu ide atau gagasan bahkan kekuatan dapat menjadi berlipat ganda dalam sebuah hubungan yang dinamis saat dua orang atau lebih bergabung bersama. Bekerja dalam kebersamaan dengan orang lain dapat menghasilkan pencapaian yang luar biasa. Sinergi merupakan kekuatan yang disatukan sehingga dapat saling melengkapi keterbatasan individu sekaligus menggandakan kemampuan individu yang akhirnya hasil atau sasaran yang dicapai dapat lebih banyak dan lebih besar.

           

 

Leave a Reply