Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

UPH Berbagi Kasih melalui Aksi Natal Eksternal dan Internal

Tangerang, eBahana

Menjadi anak Allah denganmembagikan kasih ditunjukkan Universitas Pelita Harapan melalui momen perayaan natal 2018. Setelah ibadah dan selebrasi natal pada 14 Desember 2018, pada 18 Desember 2018 UPH melakukan Aksi Natal eksternal dan internal di UPH Kampus Lippo Village. Aksi natal eksternal kali ini diwujudkan UPH secara berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu dengan mengadakan screening (pemeriksaan) kesehatan kepada 500-600 peserta yang ditargetkan untuk ikut serta pemeriksaan di Lapangan Basket UPH Lippo Village.

Target utama kegiatan ini yaitu peserta dari kalangan sekitar Lippo Village. Tentunya kegiatan ini juga terbuka bagi kalangan UPH baik dari staf, dosen, hingga bagi pekerja di kantin UPH, juga karyawan Outsourcing.

“Kegiatan ini merupakan kerja sama antara panitia natal, Fakultas Kedokteran dan Fakultas Keperawatan UPH, juga klinik UPH. Ini kami lakukan sebagai bentuk aplikasi menjadi anak Allah – artinya menjadi berkat bagi sesama, dengan cara yang sederhana. Tidak hanya bagi sivitas UPH tapi lebih luas bagi sesama kita di luar UPH. Sehingga dampaknya dapat dirasa secara meluas dan bagi semua kalangan,” papar Prof. Dr. Manlian Ronald A. Simanjuntak, S.T., M.T – Ketua Panitia Natal UPH 2018.

Menambahkan paparan dari Prof. Manlian, dr. Andree – Wakil Dekan Fakultas Kedokteran bagian Kemahasiswaan menyatakan bahwa aksi natal tahun ini sebagai bentuk pelayanan nyata UPH.

“Pemeriksaan dasar yang kami lakukan antara lain cek tinggi badan, berat badan, lingkar perut, tekanan darah, denyut nadi, kolestrol, asam urat, gula darah, dan juga disediakan pojok-pojok konsultasi. Untuk memfasilitasi kegiatan ini ada 11 mahasiswa, 6 alumni, 8 staf pengajar, dan 16 orang dari Fakultas Keperawatan terlibat dalam seluruh alur pemeriksaan. Harapannya natal UPH tidak hanya memberi bingkisan tapi mampu memberi solusi,” ungkap dr. Andree.

Tentunya tubuh yang sehat diperlukan untuk menjalankan tugas kita dengan baik. Tuhan sudah mempercayakan tugas kepada masing-masing orang untuk dikerjakan dan sebagai orang percaya harus menjalani panggilannya dengan bertanggung jawab. Melalui momen natal inilah UPH melakukan kegiatan cek kesehatan untuk eksternal dan internal agar mereka dapat membantu memberikan solusi kesehatan.

Manfaat ini ternyata benar-benar dirasakan oleh para peserta, seperti salah satu peserta yang ikut melakukan pemeriksaan Ahmad Syarifudin – Pengemudi Ojek Motor Online.

“Saya tidak sengaja ikut ini, kebetulan lagi antar barang dan langsung diajak ikut acara ini. Bersyukur bisa tahu kegiatan ini jadi saya bisa tahu secara gratis kesehatan saya. Saya juga disarankan untuk lebih banyak olahraga dan jaga makan melihat hasil tekanan darah saya aga cukup tinggi. Saya senang bisa datang ke UPH,” kesan Ahmad.

Selain perayaan Aksi eksternal, dilaksanakan juga aksi internal yang diikuti 380 karyawan outsource dari beragam perusahaan seperti Security Indonesia, PTPT BPI (Bangun Papan Idaman), PT Polaritas dan lainnya. Diakui mereka kegiatan ini menjadi kegiatan yang ditunggu-tunggu tiap tahunnya.

“Saya sudah kerja dari 2010 dan sudah ada kegiatan ini. Tiap tahunnya ini jadi kegiatan yang ditunggu-tunggu karena kita bisa berkumpul. Senang sekali jadinya karena merasa dihargai kerja kita di UPH,” ungkap Riska Oktavia dari PT BPI.

Hal serupa juga dirasakan Irwan dari PT Harapan Jaya Lestarindo – “Tidak nyangka awalnya UPH punya kegiatan seperti ini. Selama kerja di UPH sejak 2007 saya senang sekali, semua orang ramah, jadi betah. Untuk acara aksi natal ini juga saya pasti senang karena bisa dihibur dan merasa UPH peduli dengan kita semua,” tutur Irwan.

Meresponi aksi natal internal ini, Rektor UPH Dr. (Hon) Jonathan L. Parapak, M.Eng.Sc., menyatakan bahwa ini menjadi bentuk ucapan terima kasih dan apresiasi UPH kepada seluruh karyawan Outsource yang bersama-sama menciptakan suasana UPH aman, nyaman, dan bersih.

“Kita sama-sama bertugas melayani mahasiswa UPH. Hari ini saya ikut cek kesehatan yang ada di kegiatan aksi natal eksternal, ternyata saya sehat di tengah kesibukan aktivitas saya. Ini artinya ketika saya dan kalian bekerja dengan senang hati, maka kita tidak merasa cape.  Mari kita terus kerja dengan semangat dan saling mengasihi apa pun agama kita,” ungkap Rektor.

Dalam aksi natal ini juga diberikan pengharggan kepada 10 outsource terbaik dalam acara ‘Outsource Award’. 10 karyawan terbaik terdiri dari 3 orang PT BPI, 2 orang dari PT ISS Indonesia, 1 orang PT HJL, 1 orang dari PT Polaritass, 1 orang PT Raih Daya Persada (RDP), dan 2 orang dari PT Security Indonesia.

UPH berharap melalui rangkaian kegiatan natal, seluruh sivitas mampu memaknai tema natal ‘Menjadi Anak Allah’– yaitu dengan meneladani yang dilakukan Tuhan hingga mengimplementasi dalam wujud nyata, dan mampu  menjadi berkat secara nyata. (mt)

Leave a Reply