Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

Talkshow ‘Rosario dan Sejarahnya’




Cilincing Jakarta Utara, eBahana

Pada Sabtu 28 September 2019 bertempat di Gereja Salib Suci, Cilincing diadakan talkshow tentang Rosario dan Sejarahnya. Acara dibawakan oleh Leonard. Ada 3 narasumber yang hadir di acara talkshow ini, Romo Carolus Putranto, Stefanus Tay, dan Inggrid Tay. Peserta yang hadir pada talkshow ini sekitar 96 peserta dan panitia 26 orang.

Devosi adalah perasaan religius terikat pada peristiwa pribadi atau benda. Penghormatan ialah ungkapan perasaan religius pada pribadi manusia (bedakan dengan penyembahan yang ditujukan hanya pada Allah). Maria mempunyai peran istimewa, Bunda Allah tetap perawan, Bunda Allah pengantara dan Bunda Allah pendengar dan pelaku firman. Bunda Allah tetap perawan ada 2 arti yaitu silsilah Yesus Kristus (Matius 1:1-17) dan warta kabar sukacita (Lukas 1:26-38).

Silsilah Yesus Kristus adalah Yesus Kristus putra Daud dan putra Abraham sebagai pemenuhan janji Allah kepada Israel dan umat manusia dan peran 4 perempuan dalam Kitab Suci Perjanjian Lama dan Maria melalui inisiatif mereka, janji Allah dapat terwujud melampaui batas moral dan kekuatan manusia. Kabar sukacita kepada Maria ada 3 makna ialah kelahiran Yesus lebih dahsyat dari kelahiran Yohanes Pembaptis, melampaui kekuatan manusia bagaimana itu mungkin terjadi dan kelahiran Yesus sebagai suatu ciptaan baru. Bunda Allah pengantar ada 2 arti yaitu perkawinan di Kana, Yesus menaruh perhatian pada Bunda-Nya termasuk permohonan sang Bunda dan di bawah kayu salib, kasih Yesus pada Bunda, tidak mau Bunda-Nya menderita. Bunda Maria teladan murid maknanya ada 2 adalah dengan mengatakan ‘ya’ pada malaikat Gabriel, Bunda Maria menjadi murid pertama dan dengan hidup bersama murid yang dikasihi Tuhan, Bunda Maria termasuk bilangan para murid.

Sejarah Salam Maria ada 3 arti ialah teks liturgi dari abad 7 dari Gereja Roma untuk Hari Raya Kabar Sukacita menggabungkan salam malaikat dan salam Elizabeth, abad 11 jadi tradisi banyak biara dan didoakan setelah Doa Bapa kami dan abad 14 ditambahkan bagian “Doakanlah kami……. “. Sejarah Rosario maknanya ada 2 yaitu ketika para bicarakan mendoakan brevir (150 mazmur) dan umat awam mendoakan Mazmur Bapa Kami (150 Bapa Kami) dan Mazmur untuk Yesus dan Maria, pada abad 12 diganti misteri keselamatan.

Acara talkshow ditutup dengan Misa Kudus yang dipimpin oleh Romo Carolus Putranto. Harapan dari acara talkshow ini semoga umat katolik semuanya dimanapun berada yang mencintai gereja katolik dengan salah satu kekayaannya yaitu mencintai dan berdoa lewat Rosario. Susan



Leave a Reply