Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

SOS Adakan Training di Tembilahan dan Sungai Guntung Kateman Riau




Kepulauaan Riau, eBahana

Catatan: Joanny F. M. Pesulima-Jurnalis Freelance

Sahabat Orang Sakit (SOS) wilayah barat mengadakan training melatih jemaat setempat untuk dapat melayani orang sakit di lokasi Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Agape Inlir Tembilahan di Grand Hotel, Tembilahan, yang dikoordinir oleh gembala, Pdt. Yance Lumintang, dan di GPdI El Shaddai Sungai Guntung Kecamatan Kateman, Riau yang dikoordinir gembalanya, Pdt. Johan Salko, dengan peserta yang hadir berjumlah 15 orang di GPdI Agape, dan 20 orang di GPdI El Shaddai.

Hal ini diungkapkan Pdt. Ester Kodongan selaku penanggung jawab kegiatan, kepada eBahana via selulernya, setelah kembali dari lokasi kegiatan menuju Malaka untuk pelayanan selanjutnya (07/03/20). Dirinya ditemani Pdt. Lily Ester M.Div, memberikan materi berupa Pengenalan Pelayanan Kesembuhan dan Mujizat, Mengalir dalam Karunia-karunia, Sumber Sakit Penyakit, Teknik Mendoakan Orang Sakit dan Standar Operasional Prosedur (SOP) SOS.

“Respon peserta terhadap materi dan pembicara saat training, mereka sangat senang karena dibukakan wawasan tentang pentingnya pelayanan terhadap orang sakit, juga sangat antusias, terlihat saat praktik, walau hanya ada beberapa peserta terbentur dengan kesibukan pekerjaannya, jadi, disesuaikan dengan kondisi, intinya mereka mau belajar dan diajar,” jelas Pdt. Ester.

Ester pun menambahkan, ada beberapa kegiatan yang dilakukan, selain training di 2 lokasi ini, yakni melakukan pelayanan, mendoakan orang sakit di Batam, melayani KKR di Tembilahan, mendoakan orang sakit dan pelayanan konseling bagi J=jemaat yang meminta konseling, sementara di Pulau Guntung juga diadakan KKR yang dilayani Pdt. Lily Ester, M.Div, selain melakukan kunjungan, mendoakan orang sakit, mengajar Firman Tuhan di Ibadah anak Sekolah Elshaddai, di Sungai Guntung dan pelayanan pelepasan.

“Di Tanjung Batu, kami sempat singgah di GPdI yang digembalakan oleh Pdt. Yonan Salko, mendoakan Pdt. Yonan yang sakit lambung dan sedang dalam proses pemulihan juga mendoakan para penghuni Rumah Singgah, yakni mereka yang mengalami gangguan jiwa dan stres, kami juga mengunjungi keluarga Owen, salah satu pasien yang dirawat di KK Hospital lalu meninggal,” ujarnya.

Perjalanan dilanjutkan Di Prayun Ujungnya Tanjung Batu. Di sana, tambahnya lagi, disambut baik di Pastori Gereja Allah Baik, Prayun, oleh Gembala Pdt. Ardy, dilanjutkan dengan Kebaktian Sekolah Minggu dan ibadah raya dilayani Pdt. Lily Ester, dan kebaktian pemuda, dilayani Pdt. Ester Kodongan.

“Dari Prayun, kami menuju Tanjung Batu dan melayani Ibadah Raya di GPdI Tanjung Batu. Di Tanjung Batu, kami kemudian pisah Pelayanan Pdt. Lily Ester di Tanjung Batu dan saya di Penyalai, dan setelah itu kami bertemu lagi untuk pulang ke tempat masing-masing, kami berharap, ke depan banyak gereja di daerah Tembilahan dan Guntung terbuka menyambut SOS dan bisa bekerjasama dengan baik,” demikian kata Ester . (JFMP)



Leave a Reply