Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

Sathora Jakarta Adakan Webinar Covid-19, Gejala & Pengobatan Terkini Covid-19




Jakarta, eBahana

Pada 1 Mei 2020 melalui aplikasi media Zoom diadakan seminar untuk umat Gereja Santo Thomas Rasul (Sathora) mengenai gejala dan pengobatan terkini Covid-19. Adapun narasumber yang bernama Dr. Bambang Heru, Sp.P, ia bertugas di Rumah Sakit Sumber Waras. Sejak 31 Desember 2019 ditemukan 224 kasus dengan 4 orang meninggal. Data dunia 26 April 2020 terdapat 2,92 miliar kasus dengan 204 kematian. Di Indonesia ditemukan penderita Covid-19 8.882 kasus dan 743 kematian di Indonesia.

Gejala klinis pada virus Covid-19 adalah batuk berdahak, demam di atas lebih dari 38, sesak nafas dan nyeri dada. Atau baru kembali dari negara yang terjangkit Covid-19 dalam 14 hari sebelum sakit, segera berobat ke puskesmas atau rumah sakit terdekat. Berikan informasi kepada tenaga kesehatan tentang riwayat perjalanan.

Pencegahan terhadap Covid-19 ialah social distancing, pola hidup sehat, terapkan etika batuk, gunakan masker, cuci tangan dengan air mengalir dan sabun serta bilas kurang lebih 20 detik. Jika tidak tersedia dapat menggunakan cairan pembersih tangan yang mengandung alkohol dan jika sedang sakit kurangi aktivitas di luar rumah dan batasi kontak dengan orang lain.

Penanganan pada pasien pneumonia Covid-19 yaitu isolasi, memakai APD yang sesuai standar, Anamnesis, PF, CXR, CT Scan lab. penunjang, pemeriksaan CPR hidung-tenggorokan, Rapid Test, lapor Dinas Kesehatan atau Suku Dinas Kesehatan, terapi suportif (oksigen, cairan, nutrisi), Terapi Kausatif (Antiviral dan Antibiotik) dan RS rujukan utama DKI Jakarta dan RS yang ditunjuk Sudinkes: RSUP Persahabatan, RSPI Sulianti Saroso dan RSPAD Gatot Subroto.

Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan bepergian ke daerah terjangkit, hindari kontak dengan orang yang berasal dari daerah terjangkit, higiene diri, tetap tenang dan jangan panik dan belum ada obat utama resmi dan vaksin.

Komplikasi pada Covid-19 dapat menyebabkan gagal nafas dan berakibat kematian. Pesan untuk semua ialah ketika akan makan diwajibkan untuk masak makanan dengan matang dan higienis, buang tissue ke tempat sampah tertutup, hindari bepergian jika sakit, lepaskan baju pelindung setelah bekerja dan cuci setiap hari dan sering cuci tangan jika memegang produk atau benda apapun. Susan S



Leave a Reply