Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

PRB-PGI Lakukan Pendampingan Pembuatan Minyak Kelapa dan Keripik di Jemaat GPID dan GKST Kabupten Sigi, Sulawesi Tengah




eBahana.com РTindak lanjut program pemberdayaan pemulihan ekonomi jemaat, Unit PRB-PGI Palu melakukan pendampingan pembuatan minyak kelapa. Kegiatan yang menghadirkan fasilitator Ilham Ari Wibadi, pengusaha petanian  organik dan minyak kelapa ini, dilaksanakan di GPID Jemaat Filadelfia Lakuta, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, Selasa (25/08/20).

Setelah menerima materi, para peserta langsung melakukan praktek dan hasil minyak kelapa yang dipraktekan jauh berbeda dengan hasil minyak kelapa yang selama ini dibuat oleh ibu-ibu.

Selain pelatihan membuat minyak kelapa, PRB-PGI juga melaksanakan kegiatan mendampingi kelompok ibu-ibu membuat keripik pisang dan keripik toritila, yang digelar di GKST Imanuel Siroa, Minggu (30/08/20). Usai ibadah Minggu, para kelompok ibu-ibu di GKST Jemaat Imanuel Siroa langsung mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan dalam proses pembuatan keripik pisang dan keripik toratilla.

Dalam praktek ini, kelompok ibu-ibu terbagi menjadi dua bagian, sebagian dalam proses pembuatan keripik pisang, sebagian lagi dalam proses pembuatan keripik toratilla. Dari kedua ini, yang membutuhkan waktu cukup lama ialah pembuatan keripik toratilla. Keripiki toritila merupakan kiripik yang dibuat dari bahan umbi-umbian seperti singkong, keladi, dan ubi ungu. Proses pembuatan memerlukan waktu kurang lebih dua hari karena memerlukan tahap penjemuran sehingga keripik ini sangat garing dan memberikan rasa yang sangat enak untuk dinikmati.

Kelompok Ibu-ibu di GKST Jemaat Imanuel Siroa sangat bersyukur mendapat bantuan dari PRB-PGI melalui dukungan dari Presbyterian Chruch Ireland, karena dapat memberdayakan Ibu-ibu yang ada di Jemaat untuk aktif dan lebih terampil dalam kegiatan pemulihan ekonomi jemaat pasca bencana 28 September 2018 yang lalu. Bahan-bahan baku yang digunakan dalam pembuatan keripik ini seperti pisang dan ubi sangat mudah didapatkan karena merupakan hasil pertanian di Jemaat ini.

Keesokkan harinya, Senin (31/08/20), salah satu kelompok pertanian yang ada di GKST Jemaat Imanuel Siroa melakukan penanaman benih Jagung NK Sumo yang telah didistribusikan beberapa pekan yang lalu. Kegiatan penanaman benih jagung ini dilakukan secara Mapalus (gotong royong) oleh anggota jemaat. Anggota kelompok lainnya ada yang akan mulai melakukan penanaman bibit pada Minggu depan.

Sumber: http://pgi.or.id



Leave a Reply