Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

PGI Minta Pemerintah Menggunakan Gereja untuk Dialog dengan Warga Papua




eBahana.com – Ketua PGI (Persekutuan Gereja-gereja Indonesia) yakni Pendeta Albertus Patty mengatakan bahwa pemerintah seharusnya bisa menggunakan gereja sebagai salah satu institusi yang bisa dipercaya untuk berdialog dengan masyarakat Papua, supaya unjuk rasa yang terjadi saat ini bisa dibantu dan menjadi lebih damai.

Sudah saatnya pemerintah mendekati masyarakat Papua dengan pendekatan dialog. Dalam konteks ini, melalui gereja sebagai salah satu institusi yang masih dipercaya oleh masyarakat Papua. Tidak hanya gereja yang dapat melakukan pendekatan, namun juga bisa melalui organisasi keagamaan sendiri dapat menjadi langkah yang baik, dan harus mulai dilakukan oleh pemerintah, apalagi sekarang ini perpecahan antara etnis dan kelompok agama semakin kencang dan begitu heboh di Indonesia. Pendekatan seperti ini akan menjadi cara yang sangat penting, sehingga mudah bagi gereja berdialog dengan para masyarakat Papua, sehingga perdamaian dan keharmonisan benar-benar terjadi. Apalagi di Papua banyak orang Kristen juga.

Setelah beberapa kali terjadi unjuk rasa dan berujung ricuh, PGI dan gereja-gereja berharap Papua benar-benar mengalami perdamaian. Selain itu, PGI juga benar-benar berharap supaya pendekatan selanjutnya di Papua dilakukan bukan semena-mena alasan keamanan, tetapi juga pendekatan yang berujung pada perdamaian yang sesungguhnya.

Sebagai warga Indonesia, marilah kita berdoa buat bangsa ini. Karena bagaimanapun ini adalah bangsa kita dan saudara kita. Seperti yang dikatakan, Bhineka Tunggal Ika, bahwa walaupun kita berbeda suku, agama, etnis dan lain sebagainya, kita tetap dan harus bersatu.

Matius 22:39, “Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.” Dbs/Yas

Sumber : http://jawaban.com



Leave a Reply