Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

Peluncuran Mobil Esemka Buktikan Karya Anak Bangsa Nyata




eBahana.com РSecara resmi Presiden RI Joko Widodo meresmikan Esemka Bima dan Pabrik PT. Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (07/09/19) lalu.

Salah satu syarat mobil Esemka untuk masuk meja produksi dan dipasarkan sudah mendapat lampu hijau dari Kementerian Perhubungan. Syarat tersebut adalah Sertifikat Uji Tipe (SUT).

Dalam mendapatkan SUT banyak tahapan yang harus dilalui mobil Esemka. Pengujian kendaraan dilakukan berkali-kali oleh Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) Kementerian Perhubungan. Pengujian tersebut di antaranya adalah uji dimensi, uji konstruksi, uji rem, uji speedometer, turning radius, uji berat, uji klakson, uji slide slip, uji lampu, uji emisi CO dan HC idle, serta pemenuhan persyaratan teknis.

Tercatat ada 8 mobil Esemka yang sudah siap produksi dan masuk pasar otomotif Tanah Air. Ke-8 mobil tersebut adalah mobil Esemka Bima 1.3 (4×2) MT, Bima 1.8D (4×2) M/T, Niaga 1.0 (4×2) M/T, Digdaya 2.0 (4×2) M/T, dan Borneo 2.7D (4×2) M/T, Bima 1.0 (4×2) MT dan Bima 1.3 L (4×2) MT, serta Garuda 2.0 (4×4) MT.

Sebagai warga negara Indonesia, sudah sepatutnya bangga dengan karya anak bangsa yang tidak kalah dengan karya negara-negara lain. Launching Mobil Esemka ini menjadi pembuktian yang nyata bahwa Indonesia mempunyai potensi besar dalam berbagai bidang termasuk dalam industri transportasi. Dbs/Yas



Leave a Reply