Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

Mendefinisikan Indonesia di Awal Tahun 2020




Jakarta, eBahana

Indonesia, Quo Vadis? Itulah tema refleksi awal tahun 2020 PIKI (Persatuan Intelegensia Kristen Indonesia) yang diadakan pada 31 Januari 2020 di Hotel Gran Melia, Jakarta. Setelah dibuka dengan ibadah, Ketua Umum PIKI Baktinendra Prawiro memberi rangkuman singkat tentang berbagai program dan kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh Pengurus PIKI masa bakti 2015-2020.

Dalam paparannya, Baktinendra mengingatkan meski PIKI memuat kata inteligensia, bukan berarti terbatas pada orang-orang yang punya gelar akademik. Sebaliknya, para inteligensia adalah orang-orang terdidik yang memiliki kepedulian solutif untuk setiap persoalan yang ada di tengah masyarakat. Maka pemilihan tema “Indonesia, Quo Vadis?” dinilai penting untuk mendefinisikan arah perjalanan Indonesia. Tentunya dengan mempertimbangkan berbagai aspek seperti politik, hukum, budaya, dan lain sebagainya.

Diskusi sesi pertama mengangkat tema Sumber Daya Indonesia dan Modal Sosial Indonesia” dengan menghadirkan Dr. Willy Toisutta, PH.D sebagai narasumber. Sedangkan para penanggap adalah Dr. Badikenita Putri Sitepu, SE, MSi (DPD RI dari Sumatera Utara) dan Dr. Pos Hutabarat (Board of Commisioner PTPN IV).

Menurut Dr. Willy, Indonesia memiliki potensi besar untuk bersaing di kancah global. Namun potensi itu harus digali, diberdayakan, dan dimaksimalkan dengan cara yang tepat. Salah satu tantangan untuk itu adalah memperbaiki sistem pendidikan agar selaras dengan perkembangan zaman. Tantangan lain yang perlu disikapi adalah soal gizi. Sebagaimana diketahui, tingkat stunting di Indonesia ada di kisaran 27%. Angka ini tergolong tinggi.

Pada diskusi sesi kedua, tema bahasan berkisar pada omnibus law. Narasumber sesi ini adalah Dr. Daniel Yusmic (Hakim Mahkamah Konstitusi), sedangkan Aldentua Siringo-ringo, SH, Dr. Bernard Nainggolan, dan Dr. Theofransus Litaay didaulat menjadi penanggap.

Menteri Sosial Juliari P. Batubara yang turut hadir dalam acara ini mengapresiasi kiprah PIKI. Menurutnya, PIKI adalah mitra strategis pemerintah. Terutama karena program-program kerja yang dilakukan PIKI sangat mengena dengan kebutuhan masyarakat. Untuk itu Menteri Sosial mengajak PIKI berkolaborasi  demi makin memajukan masyarakat. Ajakan tersebut langsung ditanggapi positif oleh Ketua Umum PIKI.

“Tentu kami senang dengan ajakan kemitraan ini. Akan kami tindaklanjuti,” katanya. Robby Go



Leave a Reply