Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

Kuliah S2 dengan Skill of Writing in Online Media, Yakin?




Surabaya, eBahana

Foto setelah perkuliahan dengan Dr. Xavier Quentin Pranata – dosen STT, mantan pemimpin Bahana, Penulis Detik, Tribun, Kompas, Tempo dan media online.

Berbekal pengalaman vital ketika di bidang jurnalisme. Di mana sangat disarankan untuk mengikuti program penyiaran dari stasiun broadcast lainnya. Nah, kali ini di universitas kami tersedia pendidikan Skill of Writing in Online Media. Bukan karir khusus yang dapat membantu mahasiswa menjadi seorang jurnalis handal yang piawai mengolah data berita dari sumber terkini. Tetapi pendidikan ini bertujuan mengasah kemampuan menulis di media online, serta merupakan kesempatan yang baik bagi mahasiswa untuk membangun kemampuan menulisnya secara tajam dan akurat dan mendapatkan gambaran tentang bagaimana menulis dalam media online.

Portofolio adalah cara yang baik untuk menunjukkan seberapa kaya pengalaman kita. Bisa mulai menulis paper sewaktu kuliah, membuat blog, membangun media sosial milik pribadi yang berisikan hasil karyamu, dan ingatlah selalu kode etik jurnalistik, baik itu adalah tulisan yang dipublikasikan, foto-foto menarik, hingga opini kita mengenai suatu berita.

Hal-hal yang ada di sekitar seperti benda, kondisi alam, bahkan peristiwa sehari-hari dapat dirangkai sastrawan ini lewat paduan kata yang begitu indah. Ada perubahan dari masa ke masa, salah satunya perkembangan teknologi. Kita harus memanfaatkan era digital saat ini untuk mencari informasi yang dapat membantu mengembangkan kemampuan menulis. Apalagi saya dibarengi hobi menonton film sebagai bahan referensi editing suara, motion, dan naskah cerita yang sangat kompleks dan dinamis. Saya bagikan 7 tips menjadi penuls andal.

7 tips dan cara jitu menjadi penulis andal diantaranya,
1. Memupuk kebiasaan membaca.
2. Untuk mengasah gaya bahasa, maka sering-seringlah membaca karya sastrawan terkenal.
3. Perbanyak melatih menulis.
4. Jangan terlalu banyak pikir, yang penting tulis dulu!
5. Buat kerangka tulisan, kemudian sempurnakan.
6. Berimprovisasilah!
7. Buatlah kesan yang ‘dalam’ di awal dan rasa penasaran di akhir tulisan.

JDave mahasiswa S2 “bukan pujangga pandai merangkai kata-kata”

Adalah suatu nilai plus jika dapat bergabung dengan klub surat kabar di kampus, ataupun pada media online. Semakin banyak pengalaman, kita akan semakin berharga dan menarik di mataNya dan para pemberi kerja. #kabinetkerja

 

Selamat berkarya, jangan lupa bahagia. Jdave

 



Leave a Reply