Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

JIC Salurkan 5.350 Paket Sembako dari Sobat Ambyar Didi Kempot




Jakarta, eBahana

Sejak 5-7 Mei 2020 ini Jaringan Lintas Iman Tanggap Covid-19 (JIC) menyalurkan sebanyak 2.850 paket sembako untuk tahap I dan 2.500 paket sembako yang akan disalurkan pada 10 hari menjelang lebaran untuk tahap II. Total 5.350 paket ini merupakan donasi dari Sobat Ambyar Didi Kempot yang diserahkan dalam bentuk dana pada 24 April 2020 lalu.

Penyaluran paket sembako tersebut diberikan kepada masyarakat yang terkena dampak pandemi korona melalui 28 Posko JIC di Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Bekasi Kota, Kabupaten Bekasi, Bogor Kota, Kabupaten Bogor, Tangerang Raya, Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang, dan Kepulauan Seribu.

“Kami berharap bantuan ini dapat meringankan mereka yang terkena dampak pandemi Covid-19 yang masih melanda negeri kita. Ini sekaligus wujud nyata kerjasama lembaga-lembaga dari berbagai agama dalam peran serta meringankan beban masyarakat yang membutuhkan,” tutur Ahmad Nurcholish, Koordinator Pelaksana JIC.

Sementara itu, Pdt. Jimmy Sormin mengatakan bahwa gerakan kemanusiaan secara lintas agama dan budaya ini menjadi model yang sangat baik untuk diteruskan oleh komunitas atau lembaga lainnya, agar dibalik nestapa ini ada beragam makna dan dampak positif lainya yang kita terima ke depan. “Kami berharap pemerintah juga bisa segera membantu masyarakat miskin yang luput atau belum mendapatkan bantuan selama pandemi ini,”tandas Sekretaris Eksekutif PGI Bidang KKC.

Di tengah kami dalam proses penyaluran bantuan ini kemarin dikejutkan dengan berpulangnya Mas Didi Kempot ke haribaanNya. “Atas nama seluruh lembaga yang tergabung dalam JIC dan seluruh relawan posko kami mengucapkan duka cita mendalam. Sebagai seniman yang peduli pada sesama, memiliki solidaritas tinggi pada kemsnusiaan kiranya almarhum dapat kita jadikan teladan sebagai pahlawan kemanusiaan,”ujar Pdt. Frangky Tampubolon, Direktur ICRP.

Selain menyalurkan bantuan paket sembako, JIC juga akan menyalurkan masker medic untuk tenaga kesehatan melalui rumah sakit-rumah sakit di berbagai daerah di Indonesia, khususnya di wilayah Timur. Sebanyak 100.000 masker donasi dari ICRP kini telah berada di gudang JIC dan tengah dalam proses pengepakan dan penyaluran.

Melalui JIC, ada sejumlah gereja yang ikut terlibat dengan mendirikan posko sembako lintas iman dalam rangka menyalurkan bantuan tersebut, seperti yang dilakukan oleh jemaat GKP yang dilayani oleh Pdt. R. Ngapon, jemaat GKI Yasmin Bogor, dan HKBP Filadelpia Bekasi. Masing-masing posko mendapatkan 100 paket/dus sembako. Hanya dalam waktu 2 hari posko tersebut telah mendata lengkap keluarga miskin/miskin baru yang belum mendapat bantuan pemerintah/lembaga lainnya.

Jaringan Lintas Iman Tanggap Covid-19 (JIC) merupakan kolaborasi organisasi lintas iman dan kepercayaan yang bergerak bersama dalam penanganan Covid-19. JIC telah menggalang bantuan dari berbagai pihak yang ingin berperan serta dalam solidaritas lintas iman untuk membantu warga miskin yang terkena dampak pandemi Covid-19.

Diantara lembaga-lembaga yang tergabung dalam JIC adalah Indonesian Conference on eligion and Peace (ICRP), Pemuda Muhammadiyah, Muhammadiyah Covid-19 Commad Center, NU Peduli, GP. Ansor, PGI, GEMABUDHI, PERMABUDHI, MBI–KBI, KomHAK KWI, JKMC, BAKKAT, Parisada Hindu Dharma Indonesia, Puskor Hindunesia, Majelis Tinggi Agama Khonghucu (MATAKIN), Majelis Rohani Nasional Bahai Indonesia, Yayasan Sosial Guru Nanak, Temu Kebangsaan Orang Muda, Jaringan GusDurian, Kafkaf Foundation, Jakarta Gotong Royong, dan Yayasan Kesehatan Indonesia.

Sumber: http://pgi.or.id



Leave a Reply