Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

Gereja Every Nation Yogyakarta Kembali Gelar Seminar Parenting Ketiga: Mendidik Anak di Era Milenial




Yogyakarta, eBahana

Bertempat di Ruang Mulia 1, Lantai 2, Hotel Grand Zuri Yogyakarta, Sabtu (09/11/19) diselenggarakan seminar parenting ketiga yang bertajuk ‘Mendidik Anak di Era Milenial’ oleh Gereja Every Nation Yogyakarta (ENY).

Gereja ENY mengangkat tema “Meet Generation Z” dengan pembicara utama yang tidak tergantikan dari tahun-tahun sebelumnya yaitu pasangan suami istri, Ps. Joseph & Lilies Tjoandi.

Dari kanan: Ps. Jimmy Piter Kalauserang & istri, Ps. Joeseph & Lilies Tjoandi

Kepada eBahana, Jimmy Pieter Kalauserang, selaku penanggung jawab acara menyampaikan latar belakang seminar ini diadakan rutin setahun sekali. “Saya lihat di dalam kekristenan, dalam gereja-gereja, topik family, membangun keluarga dan mendidik anak itu sangat minim, padahal ada kebutuhan yang sangat besar. Rata-rata gereja berbicara tentang misi, kesembuhan, leadership, tetapi yang menyentuh tentang keluarga, terutama anak-anak, sangat jarang, sementara kebutuhan sangat banyak,” ungkapnya.

Para peserta seminar antusias mendengarkan pemaparan materi oleh pembicara

Seminar dimulai pukul 09.00-12.00 WIB, dan dibagi dalam 4 sesi, seperti berikut ini.

  1. Session 1: Intrio & Characteristics of Gen Z
  2. Session 2: The Bible Model: Daniel
  3. Break: diisi dengan performance seorang anak bernama Brandon, yang merupakan salah satu anak Sekolah Minggu Gereja ENY.
  4. Session 3: Keys to Building Lifelong Relationship
  5. Session 4: Question and Answer (Q & A)

Kepada sekitar 50 peserta yang hadir, Ps. Joseph & Lilies Tjoandi menyampaikan setiap materinya secara bergantian. Peserta yang hadir sangat beragam statusnya, ada yang masih muda dan single, ada pula pasangan suami istri yang telah memiliki cucu.

Lilies Tjoandi dalam pemaparannya menjelaskan mengenai Generasi Z (Gen Z). “Gen Z adalah anak-anak yang lahir pada 1997 ke atas, yang hidupnya dekat dengan sosial media. Perlunya kita belajar  characteristicsnya Gen Z ini supaya kita mengerti how to parent them. Gen Z adalah anak-anak yang merupakan konsumen aktif (online shop), suka melakukan kegiatan sosial yang baik, dan hidupnya selalu berhubungan dengan internet (always on),” jelasnya.

Ps. Joeseph menguraikan bagaimana cara efektif mendidik anak Gen Z di dalam Tuhan. “Untuk mendidik anak-anak di dalam ajaran Tuhan adalah hal important, jadi kita harus belajar bagaimana memenangkan hati anak-anak, bukan kepada kita, tetapi membawa mereka untuk mengenal Tuhan. Kita harus memberikan contoh, mereka akan melihat bagaimana hubungan kita dengan Tuhan, itu yang akan membawa mereka juga bisa dekat dengan Tuhan. Karena bagaimana mereka bisa dekat kepada Tuhan yang tidak kelihatan kalau mereka tidak bisa dekat dengan ayah ibunya yang kelihatan. There is hope, Tuhan selalu memberikan anugerah-Nya kepada kita untuk mendidik anak-anak kita,” terangnya.

Panitia bersama dengan Pembicara dan seluruh peserta seminar

Naomi, salah satu peserta seminar, kepada eBahana mengatakan tanggapannya mengenai acara itu. “Terus terang acara ini sangat bagus, sangat membangun, apalagi buat kita generasi muda, kita bisa lebih prepare bagaimana mendidik anak-anak dalam takut akan Tuhan. Terus kemudian gimana ngadepin mereka, karena menurut perkembangan zaman, tingkat kebutuhan anak semakin kompleks, jadi kalau kita nggak prepare dari sekarang, kita akan lost dan nggak tahu gimana mengarahkan mereka. Saya pengen acara seperti ini terus ada,” harapnya. Yas



Leave a Reply