Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

Fakta di Balik Tema HUT RI ke-74 ‘SDM Unggul Indonesia Maju’




Yogyakarta, eBahana.com – Tahun 2019 Indonesia kembali merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 tahun pada 17 Agustus mendatang. Bertambahnya usia bangsa ini tentu membuat Presiden dan Wakil Presiden serta jajaran pejabat negara harus memikirkan masa depan bangsa.

Apalagi, Pemilu Presiden baru saja usai. Lima tahun ke depan masyarakat Indonesia masih mengharapkan perubahan dan kemajuan di berbagai sektor. Di bawah pemimpin terpilih, bangsa ini tentu akan terus menghadapi banyak tantangan dan pergumulan ke depannya. Namun, dengan sikap optimis pastilah pemerintah mampu meyakinkan masyarakat bahwa masih ada harapan besar bagi bangsa Indonesia!

Dalam persiapan menyambut HUT RI 74 tahun 2019 ini, pemerintah menetapkan tema yang sangat persuasif dan logo yang powerful. Jika dirunut ke belakang khususnya mulai HUT RI ke-70, tema dan logo yang diusung sudah mengalami perubahan yang signifikan. Kata yang dipilih sangat mendalam dan kalimatnya padat berisi.

Tahun ini, melalui Sekretaris Negera (Setneg) diumumkan bahwa logo tulisan adalah ‘74th SDM Unggul Indonesia Maju’. Logo dan tema ini sendiri ditetapkan melalui surat No. B-779/M.Sesneg/SET/TU.00.04/07/2019 yang ditandatangani Mensesneg pada 23 Juli 2019.

Seperti eBahana.com lansir dari situs Setneg.go.id (15/8/2019), logo angka 74 itu didesain paduan warna merah dan putih. Dan yang menarik di bawah angka ke-74, terdapat slogan: ‘Menuju Indonesia Maju’. Dalam surat edaran penyampaian Tema dan Logo HUT ke-74 Kemerdekaan RI, disebutkan bahwa logo ini digunakan sebagai branding memeriahkan Bulan Kemerdekaan.

Mengutip dari artikel setneg.go.id, tema ‘Menuju Indonesia Unggul’ ini terinspirasi dari kata pembangunan sumber daya manusia menuju Indonesia unggul. Seperti yang diungkapkan Presiden Joko Widodo pada sidang Kabinet Paripurna mengenai Ketersediaan Anggaran dan Pagu Indikatif Tahun 2020, 23 April 2019 di Ruang Garuda, Istana Kepresidenan Bogo, Provinsi Jawa Barat.

“Prioritas utama kita ke depan adalah pembangunan sumber daya manusia yang terkonsolidasi dengan baik, didukung anggaran yang tepat sasaran sehingga terjadi peningkatan produktivitas tenaga kerja melalui peta jalan yang jelas, terukur, dan hasilnya dapat dinikmati oleh masyarakat”

Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri juga menyampaikan bahwa faktanya kondisi SDM Indonesia masih sangat rendah. Masalah utama terletak pada tingkat pendidikan masyarakat yang jauh tertinggal dibanding dengan SDM di negara-negara lain.

“Masalah utama kita pada skill, bukan lapangan kerja. Kalau lapangan kerja, dalam empat tahun sudah tercipta 10.540.000an lapangan kerja. Ini berarti target Pak Jokowi menciptakan 10 juta lapangan kerja selama lima tahun, sudah tercapai dalam empat tahun ini. Tapi ada skill gap, masih ada ketimpangan. Ini yang jadi masalah dan harus diselesaikan. Angkatan kerja kita 131 juta lulusan SD-SMP 58%. Nah ini lah mengapa jawabannya SKILL,” terangnya.

Berikut 7 kalimat bijak untuk sambut Hari Kemerdekaan RI ke-74:

1. Mari kita ingat semua pahlawan masa lalu yang berjuang untuk kemerdekaan dan persatuan kita.

Selamat Hari Kemerdekaan ke-74 RI!

2. Seribu orang tua hanya dapat bermimpi. Satu orang pemuda dapat mengubah dunia.

Dirgahayu Republik Indonesia!

3. Selain terbebas dari penjajahan, kemerdekaan bangsa Indonesia adalah perayaan dari perbedaan yang disatukan. Selamat Ulang Tahun ke-74 Indonesiaku!

4. Jadikan bahu-bahu Anda menjadi kokoh bak baja. Karena masih banyak sodara-sodara kita yang masih memerlukan tempat untuk bersandar. Dirgahayu Indonesia!

5. Kemerdekaan bukan tanda untuk berhenti berjuang, tapi tanda untuk berjuang dengan lebih keras.

6. Masih ada setitik harapan, mimpi yang kita jaga. Masih ada cita-cita yang bisa kita bagikan.

Kemerdekaan bukan sekedar ritual belaka, tetapi ajang membangun bangsa.

7. Sang saka merah putih berkibar. Tampak indah melambai-lambai.

Semangat juang kami terus berkobar untuk gapai Indonesia makmur dan damai.

Mari ramaikan Tema dan Logo HUT Kemerdekaan RI ke-74 ini dan digunakan di foto atau video ucapan selamat atau postingan dirgahayu Republik Indonesia!!!

MK.

(sumber: tribunnews.com)

 

 



Leave a Reply