Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

120 Tahun RS Bethesda Yogyakarta Melintas Zaman




eBahana.com, Yogyakarta

 

Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta memasuki usia 120 pada tahun 2019 ini. Dengan mengusung tema “120 Tahun RS Bethesda Melintas Zaman, Lebih Pengalaman”, Ibadah Ucap Syukur & Perjamuan Kudus diselenggarakan Senin (20/05/2019) lalu di GKJ Gondokusuman, Yogyakarta. Adanya Perjamuan Kudus semakin menguatkan para civitas hospitalia akan sumber kekuatan pelayanan dalam pekerjaan dan pengabdian.

 

Rumah Sakit Bethesda didirikan tahun 1899 oleh Dr. J.G Scheurer, seorang dokter yang diutus oleh Nederlandse Zendingsvereniging berdasarkan Injil Lukas 10:9 yang berbunyi “dan sembuhkanlah orang-orang sakit yang ada di situ dan katakanlah kepada mereka: Kerajaan Allah sudah dekat padamu”. Rumah Sakit Bethesda pada awalnya diberi nama Zendingsziekenhuis “Petronella”. Masyarakat sekitar pada waktu itu mengenal Rumah Sakit “Petronella” dengan nama “Dokter Pitulungan” atau “Dokter Tulung”.

 

 

Suasana Ibadah Syukur & Perjamuan Kudus RS Bethesda ke-120 di GKJ Gondokusuman Yogyakarta, Senin (20/05/2019). (Dok.pri)

 

Dalam perjalanannya sejak didirikan Rumah Sakit Petronella mengalami pasang surut sesuai dengan dinamika yang terjadi di Indonesia maupun dunia. Setelah berakhirnya pendudukan Jepang, tadinya bernama Rumah Sakit “Jogjakarta Tjuo Bjoin” berhasil dikembalikan ke asasnya yang semula sebagai Rumah Sakit Kristen tetapi diganti namanya menjadi “Roemah Sakit Poesat”. Agar masyarakat umum mengetahui bahwa Rumah Sakit Pusat ini merupakan salah satu rumah sakit pelayanan kasih (Kristen), maka pada tanggal 28 Juni 1950 “Rumah Sakit Pusat” diumumkan sebagai Rumah Sakit Kristen dan Namanya diganti menjadi “RUMAH SAKIT BETHESDA”.

Menjadi pelayan firman dalam ibadah ucap syukur kemarin, Pdt. Seno Adi Noegroho, M.Si.Teol, mengingatkan untuk tetap tidak bergeser dalam dasar dan jiwa pelayanan yang bersumber dari kasih Kristus seperti pada Yehezkiel 34:1-16. Meskipun sudah melewati 3 generasi dengan perubahan dan dinamikanya, RS Bethesda yang dimiliki oleh Yayasan Kristen untuk Kesehatan Umum (YAKKUM) ini berkomitmen untuk terus berjuang menjadi rumah sakit pilihan dan memuliakan Allah.

Dalam perayaannya di usia 120 tahun ini, RS Bethesda mengadakan serangkaian kegiatan ulang tahun. Seperti gathering komunitas mom’s diary, hand hygiene roadshow, donor darah, launching layanan yoga post natal, temu pelanggan, fun bike and fun walk, pengobatan gratis, operasi katarak gratis, dll. Tercermin dari motto “Tolong Dulu Urusan Belakang”, RS Bethesda akan terus menyelenggrakan pelayanan kesehatan dengan berlandaskan kasih Kristus. MK

 

(Dok.pri.)

 



Leave a Reply