Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

Mengapa Kita Perlu Memberikan Persepuluhan kepada Tuhan?




eBahana.com – Banyak orang Kristen, atau mungkin kita sendiri, yang sampai hari ini menolak untuk memberikan persepuluhan ke gereja karena berpikir bahwa gereja hanya mencoba untuk mengambil uang kita. Namun sebenarnya, yang menginginkan uang kita bukan gereja, tapi Tuhan. Bukan gereja yang membuat peraturan mengenai persepuluhan, tapi Tuhan. Nah, pertanyaan yang kemudian muncul adalah, mengapa Tuhan meminta kita untuk memberikan persepuluhan? Apakah Tuhan memerlukan uang kita? Tuhan kan tidak butuh uang kita, dll.

Sesungguhnya yang Tuhan inginkan bukan uang kita, namun hati kita. Seperti yang tertulis dalam Matius 6:21, “Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada”. Memberikan persepuluhan ke gereja itu adalah  tindakan yang melambangkan bahwa kita percaya bahwa apa yang kita dapatkan berasal dari Tuhan, dan kita percaya bahwa kita akan tetap cukup bahkan jika kita memberi sepersepuluh dari yang kita punya.

Sering sekali terdengar orang-orang Kristen yang berkata, “Saat ini penghasilan saya belum terlalu besar, jadi susah untuk memberikan persepuluhan. Setelah penghasilan saya sudah lumayan cukup, baru saya akan memberikan persepuluhan.” Sebenarnya, jika kita menolak untuk memberikan persepuluhan ketika kita hanya memiliki sedikit, kita juga akan menolak untuk memberikan persepuluhan ketika kita memiliki banyak. Kerelaan kita untuk memberi seharusnya meningkat bersamaan dengan meningkatnya kapasitas kita untuk memberi. Jika kita tidak rela memberikan persepuluhan dalam jumlah sedikit maka ketika kita hanya memiliki sedikit, kita pastinya juga tidak akan rela memberikan persepuluhan dalam jumlah banyak ketika kita memiliki banyak.

Ada seorang kaya yang pernah mengatakan kepada seorang pastor, “Saya tidak dapat memberikan persepuluhan. Kamu tidak mengerti, penghasilan saya sangat amat besar. Jika saya memberikan sepersepuluh dari penghasilan saya, itu jumlahnya sangatlah besar. Saya seperti memberikan sebuah mobil setiap bulannya. Sangat tidak mungkin kan?”

Pastor itu lalu membalas, “Oke, jika begitu mari kita berdoa.”

Seorang kaya itu menjadi kebingungan, “Berdoa untuk apa?”

Di mana pastor itu memberikan jawaban yang sangat bijak namun juga sangat lucu, “Mari kita berdoa agar Tuhan menurunkan penghasilanmu ke level yang menurutmu sepersepuluhnya masuk akal untuk kamu berikan kepada-Nya.”

Kerelaan memberikan persepuluhan tidaklah ditentukan dari seberapa penghasilan kita, melainkan dari seberapa kerelaan hati kita. Tuhan meminta sepersepuluh dari uang kita bukan karena Dia memerlukan uang kita, tetapi untuk mengetahui isi hati kita. Apakah kamu lebih mengasihi uang kita atau diri-Nya? Dbs/Yas

Sumber : http://forumkristen.com



Leave a Reply