Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

Mengajar adalah Karunia




eBahana.com – Jika karunia untuk melayani, baiklah kita melayani; jika karunia untuk mengajar, baiklah kita mengajar (Roma 12:7)

Mengajar adalah suatu karunia, karena tidak semua orang dapat mengajar dengan baik. Saya memiliki seorang teman yang sangat pintar main musik, dia sangat berbakat, dan ketika dia diajari dia langsung cepat menangkap pelajarannya dengan baik, namun ketika dia diminta tolong untuk mengajar musik dengan sopan dia mengatakan, “Aku tidak bisa mengajar dengan baik, aku memang cepat menangkap dan bisa belajar sendiri, tetapi untuk mengajar aku belum bisa.”

Mengajar adalah sebuah karunia dan pemberian Tuhan yang indah, karena dengan mengajar, orang tersebut memiliki tanggung jawab untuk mendidik dan membuat murid paham serta mengerti apa yang diajarkannya.

Guru adalah orang yang diberikan Tuhan karunia untuk mengajar, mereka yang mempunyai karunia mengajar, mendedikasikan hidupnya untuk mengajar dan memberikan yang terbaik di setiap ajaran mereka untuk murid-muridnya.

Guru juga adalah pekerjaan yang mulia, dan guru disebut pahlawan tanpa tanda jasa. Mengapa demikian? Ketika seorang murid berhasil menjadi pengusaha yang terkenal, artis yang sukses, dan orang-orang hebat di mata masyarakat, murid seringkali melupakan bagaimana mereka dididik oleh guru yang tidak pernah mengenal jerih lelah agar mereka menjadi orang yang sukses.

Setiap yang diajarkan oleh guru sangatlah berarti bagi murid-murid. Menjadi orang yang mempunyai karunia mengajar tentu tidak mudah. Setiap orang yang mempunyai karunia mengajar memiliki tanggung jawab untuk mengajar dengan baik, dan benar, sehingga informasi yang disampaikan tidak salah, dan murid-murid tidak tersesat dalam jalan mereka.

Guru juga adalah manusia biasa yang memiliki keterbatasan dan kelemahan. Ketika saya sekolah, saya salut dan kagum pada guru-guru saya, karena meskipun selesai mengajar mereka memiliki kesibukan sebagai ibu rumah tangga, mereka dapat mempersiapkan materi dengan baik pada malam hari untuk murid-muridnya pada esok hari. Belum lagi jika pada malam hari baik bapak atau ibu guru yang harus mengajari anak mereka dan membantu mengerjakan tugas anak mereka, sehingga mereka harus begadang sampai pagi hari untuk menyiapkan materi yang diajarkan.

Guru selalu memberikan dedikasi yang terbaik bagi muridnya, dan guru juga tidak mengeluh akan tugas mereka yang harus mengajar puluhan bahkan ratusan murid pada jam-jam tertentu dan berbeda kelas. Harus menghadapi murid dengan berbagai karakter dan mendisiplin murid jika ada murid yang nakal. Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa, mereka mengajar agar para murid bertumbuh dan mengenal ajaran yang benar sehingga murid-murid di masa depan menjadi orang yang berguna dan membanggakan di masyarakat. Karena itu jika diantara kita ada yang masih sekolah, maka hormatilah guru, dan berterimakasihlah pada guru lewat kepatuhan dan nilai kita yang memuaskan tanpa hasil curang.

Selamat hari guru bagi setiap guru-guru, dan terima kasih telah mendidik kami murid-muridmu dengan kesabaran sehingga kami bisa bertumbuh menjadi anak yang berguna bagi nusa dan bangsa. Agnes Riana



Leave a Reply