Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

Kasih Sebagai Wujud Syukur




eBahana.com – Dalam kehidupan ini kita membutuhkan orang lain dan Allah telah memberikan banyak orang untuk menolong kita. Kedua orang tua, kakak, adik, saudara, guru, dokter, polisi, petani, pedagang dan sebagainya. Pertama dan utama dari orang-orang yang Tuhan berikan kepada kita adalah kedua orang tua (ayah dan ibu). Dari kedua orang tua yang paling dekat adalah ibu, karena sejak dari kandungan kita sudah berinteraksi langsung dengan ibu. Oleh sebab itu dalam kesempatan ini, di Valentine Day ini yang harus mendapat kasih sayang, ucapan selamat, sebagai rasa syukur kita adalah kepada ibu.

Mengapa ibu? Walaupun bapak juga layak dan harus mendapat ucapan kasih kita. Namun ibu, saya pikir perlu lebih kita kasihi.

Pertama, ibu adalah orang tua pertama bagi seorang anak. Baik melalui hubungan secara biologis maupun mental. Maka umumnya ibu memiliki peran yang sangat penting dalam membesarkan anak-anaknya. Dan sebaliknya anak akan lebih ingat dengan ibu daripada dengan ayah atau bapak.

Maka tidak berlebihan yang dilakukan oleh Lisa (24), berusaha mencari ibu yang sudah 20 tahun berpisah karena masalah keluarga. Usaha keras Lisa untuk menyatakan kasih, sebagai rasa syukur dia ada dalam dunia karena seorang ibu, maka oleh kekuatan Facebook, akhirnya mereka bisa bertemu kembali. Lisa dengan sukacita dan tulus dapat menyatakan kasih kepada ibunya yang selama itu hanya terpendam dalam angan-angan, karena memang sejak berusia 2 tahun tidak mengetahui keberadaan ibunya sama sekali.

Kedua, peran ibu dalam keluarga kepada anak. Ibu ibarat seorang manajer dalam keluarga; yang mengatur urusan rumah tangga. Ibu ibarat guru yang harus bisa mendidik anak-anaknya agar bisa cerdas dan berkepribadian baik.

Ibulah yang dapat melakukan pekerjaan dari pagi hingga larut malam. Non-stop. Tanpa mengenal mengeluh dan hitungan rupiah dalam pekerjaannya. Luar biasa!

Ketiga, ibu sebagai penyambung komunikasi keluarga. Ketika anak kurang harmonis dengan ayah, karena komunikasi, ibu bisa jadi jembatan yang menghubungkan kembali komunikasi yg baik antara ayah dengan anak. Melalui komunikasi yang baik dengan anak, ibu menjadi penyelamat bagi keutuhan keluarga. Ibu memiliki peran yang cukup besar.

Singkat cerita, ibu sosok hebat dalam keluarga. Ia bisa menjadi apa saja dalam sebuah keluarga. Peran ibu dalam keluarga memang sangat besar. Ia mengayomi, mendidik, mengenakan berbagai hal kepada anak-anaknya. Bahkan ibu busa menjadi seorang konselor bagi anak anaknya. Oleh sebab itu perhatikan kata bijak dari raja Salomo, dalam Amsal 1:8 “Hai anakku, dengarkanlah didikan ayahku, dan jangan menyia-nyiakan ajaran ibumu.”

Dengan demikian, pada kesempatan ini, pada hari valentine ini; hari yang penuh kasih sayang, selayaknya dan sepatutnya pertama dan utama kita nyatakan rasa syukur kita kepada Tuhan, dengan menyatakan kasih yang sedalam dalamnya dan dengan tulus kepada ibu, orang yang pertama kita bisa ada dalam dunia. Kasih itu tiada ratanya, sepanjang masa. Bagaikan surya menyinari dunia.

Luar biasa……matahari yang disebut sebagai sang surya, diibaratkan sebagai kasih ibu kepada anak -anak yang dikasihinya.
Maka, dengan apa ungkpan syukur, akan kita nyatakan karena keindahan yang diibaratkan oleh sinar matahari kepada kita?

Oleh: Pdt. Timotius Sukarman, M.Th, M.PdK

 

Dapatkan buku terkait : http://ebahana.com/product/kuasa-cinta-agung-nilainya-dahsyat-dayanya/

http://ebahana.com/product/mari-bicara-tentang-cinta/



Leave a Reply