Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

Karakter Perempuan di Dalam Kristus




eBahana.com – Setiap perempuan diciptakan unik dan menarik oleh Tuhan untuk menjadi penolong, melengkapi bahkan menjadi pahlawan iman dimanapun dia ditempatkan.

Namun ada beberapa sifat/karakter yang patut dihindari sebagai seorang perempuan. Mari kita belajar dari tokoh-tokoh Alkitab di bawah ini:

1. Belajar dari Hawa di taman Eden.

Hawa terlalu banyak “ngrumpi/ngobrol” dengan si “setan” (ular). Sehingga iman dan pengertiannya mulai goyah.  Sehingga ketika Tuhan meminta pertanggungjawaban Adam, Hawa tidak dapat berlaku sebagai seorang Penolong bagi suaminya.

2. Belajar dari Mikhal istri Daud.

Mikhal tidak menghormati kehadiran Tuhan dan memandang rendah suaminya, karena Daud meloncat-loncat serta menari di hadapan Tuhan. Sehingga Tuhan menghukum Mikhal dengan tidak mendapat anak sampai hari matinya.

3. Belajar dari istri Ayub.

Ketika Ayub sedang mengalami proses dari Tuhan, istrinya tidak mendukungnya Dan Malahan dengan perkataan-perkataan yang negatif mengutuk suaminya.  Saran yang tidak benar sempat dilontarkan dari mulut seorang perempuan “Kutukilah Allahmu, matilah!” Yang seharusnya tidak pantas kata-kata itu keluar dari mulut seorang perempuan.  Berbeda dengan karakter diatas, dibawah ini beberapa tokoh yang dapat dijadikan contoh sebagai seorang perempuan,sehingga dapat menjadi seorang penolong dan pahlawan iman.

4. Maria (tunangan Yusuf, ibu Tuhan Yesus).

Saat ditemui oleh malaikat Gabriel,  Maria menyimpan semua hal tersebut didalam hatinya. Dia tidak protes atau ngomel dengan mulutnya tentang apapun yang Tuhan kerjakan dalam hidupnya. Sehingga dia dipakai Tuhan luar biasa sebagai seorang perempuan perawan yang melahirkan Yesus.

5. Rut (istri Boas, menantu Naomi).

Rut adalah seorang pekerja keras dan sangat setia. Dia tidak mementingkan keinginannya sendiri, bahkan dia rela mengikuti Naomi dan menjamin hidup mertuanya tersebut, tanpa punya maksud atau tujuan untuk kepentingan dirinya sendiri.

Sehingga Rut dinikahi oleh Boas yang Kaya, hidupnyapun terjamin dan dipakai Tuhan sebagai nenek moyang Yesus.

6. Abigail (istri Nabal, yang kemudian menjadi istri Daud).

Ketika menjadi istri Nabal yang keras,  Abigail sangat rendah hati dan lembut. Dia juga punya paras yang cantik dan bijak. Dia menjaga hatinya tetap tulus, sekalipun dia adalah seorang istri yang kaya raya. Dia tetap berlaku baik dan sanggup menyelamatkan banyak jiwa dengan kerendahhatiannya. Sehingga ketika Nabal meninggal, dia menjadi istri Raja Daud.

Belajar dari tokoh-tokoh diatas,  sebagai seorang perempuan ingatlah selalu akan Tuhan yang membentuk kita. Hormatilah Tuhan selalu, walau terkadang pekerjaanNya tidak masuk akal dan kelihatannya secara daging mengecewakan. Namun janganlah bertindak kasar dan mementingkan diri sendiri. Inggita



Leave a Reply