Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

Julius Manullang : Dream Big

    “Justru karena itu … menambahkan kepada imanmu kebajikan … pengetahuan … penguasaan diri … ketekunan… kesalehan… kasih akan saudara-saudara … kasih akan semua orang.”
    (2 Petrus1:5-7)

    Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mimpi adalah sesuatu yang terlihat atau dialami dalam tidur, angan-angan. Sedangkan memimpikan adalah bermimpi akan sesuatu, mencita-citakan sesuatu yang susah atau tidak mungkin dicapai.

    Keluarga Dr. Jedidah Morse, pendeta dan ahli geografi memegang teguh ajaran Alkitab tentang penciptaan, yang akan membentuk dasar iman Samuel Finley Breese Morse. Seperti anak-anak pada umumnya Samuel kecil mempunyai mimpi besar. Dimulai dari masa sulit yang bahagia ketika menjadi pelukis terkenal, dia bersama saudaranya, Sidney, justru terinspirasi membuat pompa air yang lebih baik dan sebuah mesin pemotong batu pualam. Temuan ilmiah berikutnya muncul ketika dia bersama John Draper, seorang ilmuwan dan guru besar dapat meningkatkan proses kimia fotografi sehingga hanya diperlukan waktu satu menit saja untuk menyelesaikan suatu sesi pemotretan (sebelumnya memakan waktu selama sepuluh menit). Tetapi mimpi besar yang sebenarnya adalah ketika terjadi masalah kelambatan proses komunikasi dalam pemerintahan dan juga hidupnya secara pribadi. Setelah melalui proses yang panjang dan menyakitkan, Samuel berhasil menemukan Telegraf dengan Sandi Morse sesuai dengan nama keluarganya, yang mempelopori dan mempengaruhi kemajuan proses dan teknologi berkomunikasi antar manusia sepanjang jaman.

    Setiap orang pasti mempunyai mimpi atau memimpikan sesuatu. Sejumlah anak nelayan di kampung pesisir Kota Cirebon Jawa Barat memimpikan kalau mereka sudah besar nanti ingin menjadi guru atau dokter atau atlet atau profesor. Jauh sebelumnya. pada awal abad kedua puluh para pendiri bangsa memimpikan mimpi-mimpi indah untuk membangun bangsa dan negara Indonesia merdeka. Para atlet nasional Indonesia terus berlatih keras untuk meraih mimpi akan mempersembahkan medali emas bagi Indonesia pada Asian Games bulan Agustus sampai September 2018 di Jakarta dan Palembang.

    Tulisan artikel ini bertujuan untuk mengajak para pembaca supaya menggumulkan segala mimpi pribadi, seberapa kecil atau besar pun itu, diatas dasar pengenalan akan Allah yang kekal (iman). Suatu penemuan tertentu (dalam bentuk apapun yang berasal dari suatu mimpi) akan menjadi pekerjaan-pekerjaan baik yang berlimpah dan unggul jikalau dilakukan dengan kekuatan dan keberanian (kebajikan) berdasarkan iman. Setiap orang percaya harus berusaha mendapatkan pengetahuan dan hikmat yang berguna untuk memberikan arahan yang tepat supaya setiap penemuan mendapat perkenanan dan sesuai dengan kehendak Allah. Injil mengajarkan tentang penguasaan diri dan juga kejujuran supaya kita tidak berlebihan menggunakan hal-hal baik dari kehidupan alamiah (seperti makanan, minuman, rekreasi atau penghargaan tertentu) yang dianugerahkan untuk menggunakan setiap penemuan kita. Kesempurnaan semua karya penemuan kita diperoleh melalui ketekunan untuk dapat menghadapi dan menanggung segala kesukaran dan penderitaan jalan salib kepada Dia yang berkuasa menopang kita, sehingga melalui pengalaman kesalehan ini kita memperoleh pengetahuan tentang kebaikan kasih dari Bapa sorgawi yang tidak pernah mengambil kembali kebaikan dari anak-anak yang dikasihi-Nya. Dan semua mimpi besar kita akan memuliakan nama Kristus ketika kita menjadi pelayan kasih bagi sesama saudara kita dalam Kristus dan bermurah hati kepada semua orang. Lakukan langkah-langkah diatas dan mimpi besar kita akan menjadi berkat (jm).

One Comment

  • Djoeliouz says:

    Puji Tuhan…
    Terima kasih karena artikel DREAM BIG saya diatas dimuat di portal Bahana Online, yang akan memotivasi saya sebagai penulis pemula untuk selalu mengandalkan pimpinan Roh Kudus dalam merenungkan dan menghasilkan tulisan-tulisan artikel dan renungan Kristen yang berdasarkan firman Tuhan untuk kemuliaan nama-Nya…
    Semoga ada masukan-masukan yang membangun dari para pembaca setia Bahana Online…
    Soli Deo Gloria…

Leave a Reply