Input your search keywords and press Enter.

Cinta Selalu Menginspirasi

Kekuatan cinta bukan saja kebutuhan sesaat, tetapi lebih jauh mampu menjadi sumber inspirasi yang memberi warna kehidupan yang sesungguhnya.

Merasakan kekuatan cinta jauh lebih penting daripada mengenal definisinya. Walaupun demikian, ada beberapa definisi cinta. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan cinta sebagai kasih sayang yang mendalam. Dalam ilmu psikologi, cinta adalah fenomena sosial yang kognitif. Merriam Webster mengatakan cinta adalah perasaan yang kuat pada lawan jenis karena hubungan yang personal. Dari beberapa definisi cinta tersebut bisa diambil kesimpulan bahwa cinta adalah kekuatan yang ditimbulkan oleh luapan emosi kasih sayang pada lawan jenis dalam hubungan personal sebagai fenomena sosial yang kognitif melibatkan hati, pikiran, tindakan, dan kata-kata.

Kekuatan cinta merupakan salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia. Banyak alasan hal itu menjadi penting.

Pertama, cinta menjadikan kehidupan manusia lebih berarti dan bermakna.

Kedua, manusia sebagai makhluk sosial dan kehidupannya yang selalu bergerak mengharuskannya untuk berhubungan dengan orang lain di sekitarnya, menjadi objek untuk mengekspresikan cinta dan menjadi subjek yang mampu memberinya cinta.

TELAH LAMA ADA
Dari zaman dahulu sampai sekarang, kekuatan cinta menggugah pikiran semua orang. Kekuatan cinta tersebut tercermin dalam kata-kata yang dituangkan dalam berbagai karya. Banyak musisi menulis lirik lagu yang dipenuhi kata-kata cinta. Karya lain seperti puisi, pantun, novel, kata-kata mutiara sebagian besar terinspirasi kekuatan cinta. Kata-kata cinta sebagai luapan emosi yang murni menjadikan karya-karya besar tersebut sangat digemari dan memberi kesan tersendiri kepada penulis dan pembaca atau pendengar.

Pada zaman sekarang, semua orang mempunyai kebebasan yang luas dalam mengekspresikan cinta. Laki-laki tidak selalu harus menjadi subjek yang lebih dahulu menyatakan cinta, tetapi perempuan pun bisa bahkan sudah dianggap lumrah. Jejaring sosial seperti twitter dan facebook telah menjadi tempat ungkapan kata-kata cinta. Setiap jam berjuta juta status tentang cinta mewarnai halaman jejaring sosial oleh para pengguna di seluruh dunia.

Ini salah satu contoh ekspresi cinta yang tidak mengenal batas jarak, ruang, dan waktu. Semuanya menghasilkan kekuatan dalam nuansa tersendiri bagi yang menerima maupun yang memberi. Itulah kekuatan cinta. Sungguh, kekuatan cinta menjadi inspirasi setiap saat.

Penulis, Arozisokhi Zebua, mahasiswa Teknik Informatika Universitas Kristen Imanuel (UKRIM) Yogyakarta.

Leave a Reply