Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

Allah yang Berkuasa Membolak-Balikan Hati Manusia




eBahana.com – Setelah Yakub mendengar keterangan dari Yehuda dan komitmennya untuk menanggung semuanya jika Benyamin mengalami kejadian seperti Yusuf dan kejadian yang membuat ayahnya berdukacita, pertaruhan anak ia berani menanggung dosanya, hal ini yang membuat ayahnya percaya dan yakin. Bahkan Yakub memberikan lebih dari yang mereka minta. Kedatangan anak anak Yakub ke Mesir untuk yang kedua kalinya disamping membawa Benyamin adiknya tetapi juga membawa uang dua kali lipat dari yang dibawa yang pertama.Bukan hanya itu saja mereka juga disuruh untuk membawa persembahan seperti yang sering dilakukan oleh Abraham dan Ishak ayah dan kakeknya yaitu membawa, “Sedikit balsam, sedikit madu,damar dan damar ladan, buah kemiri dan buah badam.”

Sebagai umat pilihan Allah persembahaan hukumnya adalah wajib untuk dilakukan supaya mereka berkenan kepada Tuhan.Dan mengapa kebiasan untuk melakukan persembahan kepada Tuhan itu dilakukan untuk penguasa Mesir. Dan itu nilainya sangat berbeda antara persembahan yang dilakukan kepada Tuhan karena memang itu sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas limpahan berkat yang diberikan kepada Mereka. Sedangkan persembahan kepada penguasa Mesir adalah hanya ungkapan terima kasih karena telah diijinkan untuk membeli gandum saja. Sebab anak anak Yakub sedang berperkara dengan penguasa Mesir, dengan persembahan ini mereka mengharapkan suana lebih cair dan permasalahan permasalahan ini timbul bisa hilang, karena menaruh belas kasihan kepada anak anak Yakub dari tanah Kanaan.

“Allah yang maha kuasa kiranya membuat orang itu menaruh belas kasihan kepadamu, supaya ia membiarkan saudaramu yang lain itu beserta Benyamin kembali.”

Allah adalah ahlinya membolak balikkan hati manusia yang mustahil bagi manusia tetapi tiada yang mustahil bagi Dia.

Tetapi yang terpenting di sini adalah pernyataan Yakub kepada anak anaknya sebelum mereka berangkat ke mesir. Demikian perkataan Yakub, “Mengenai aku ini, jika terpaksa aku kehilangan anak anakku biarlah juga kehilangan!”

Pernyataan yang disampaikan oleh Yakub adalah kalimat yang bernada optimisme tinggi dan juga menunjukan sebagai umat pilihan Allah yang selalu mengandalkan Dia dalam hidupnya.Pernyataan Yakub diatas sungguh tegas dan menunjukan bahwa dia tidak lagi memikirkan dirinya sendiri tetapi  banyak orang. Pernyataan di atas adalah bentuk kerelaan dan pengorbananya kepada kepentingan banyak orang. Kalimat yang demikian itu  sebenarnya sangat ditunggu sejak lama oleh anak anaknya untuk bisa menyelesaikan permasalahan permasalahan yang ada.Kerelaan yang keluar dari hati yang membuat Yakub bisa kuat menghadapi permasalahan yang ada serta bisa menyelesaikanya.

Ketika Yakub mempertahankan sesuatu yang sangat dikasihinya maka ia justru kehilangan orang orang yang sangat dikasihinya. Tetapi ketika ia merelakan sesuatu yang paling dikasihinya maka ia akan mendapatkan sesuatu yang lebih besar dari yang diperkirakan sebelumnya.

Ketika Yakub ingat kepada Allah maka  dalam hidupnya mempunyai pola pikir berubah drastis dari individualistis kepada pikiran yang mengutamakan kepentingan banyak orang. Pada dasarnya hanya Allah yang berkuasa untuk membolak balikan hati manusia. Dari yang jahat menjadi baik dari yang keras menjadi lembut. Itulah kuasa Tuhan yang luar biasa, oleh karena itu jangan meragukan kuasaNya walaupun hanya sedikit apapun. Dia selalu mengingat akan janjinya kepada Abraham Ishak dan Yakub (dirinya sendiri) bahwa tidak akan membiarkan sampai tergeletak dan tak akan pernah mempermalukannya dalam keadaan apa pun. Atas dasar itulah Allah bekerja untuk umat yang dikehendakinya supaya tetap tegak berdiri dalam tangan kuat kuasanya.

Ketika Yakub sudah ingat akan kuasa dan penyertaan Allah maka ia juga pasti ingat komitmen yang mula yang mula itu. Ketika dia sudah mengingat akan kasih Allah ia sudah ingat jati dirinya kembali serta tugas dan fungsinya yaitu membawa semua orang di bumi percaya kepada Allah yang menciptakan langit dan bumi. Markus S



Leave a Reply