Media Rohani Terlengkap & Terpercaya


Input your search keywords and press Enter.

Makanan yang Dapat Menurunkan Kolesterol Jahat Dalam Tubuh




eBahana.com –┬áBagaimana saya mengetahui bahwa diri saya terkena penyakit kolesterol? Menurut saya, anda harus melakukan cek laboratorium untuk mengetahuinya karena kolesterol dalam darah bukanlah suatu
hal yang dapat anda deteksi dengan perasaan anda.

Beberapa nutrisi dari makanan berikut akan membantu anda untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam darah anda:

1. Tempe

Tempe mengandung zat niasin dan isofl avon yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Niasin
sendiri adalah sejenis vitamin B yang diyakini mempunyai sifat menurunkan kadar lipid, meningkatkan HDL, dan menurunkan LDL. Sementara isofl avon adalah suatu zat yang berfungsi sebagai antioksidan yang menghambat terjadinya kerusakan dinding pembuluh darah.

2. Ikan Laut

Ikan laut terutama salmon, tuna, kod, dan macarel mengandung asam lemak tak jenuh (omega 3) sebagai penurun kolesterol. Asam lemak tidak jenuh ganda pada ikan laut menurunkan kadar kolesterol dengan cara merangsang pengeluaran kolesterol menjadi asam empedu sehingga kadar kolesterol darah tidak naik.

3. Apel

Sebagai makanan penurun kolesterol, sebaiknya anda mengonsumsinya bersama kulitnya karena dalam lapisan kulit apel terdapat kandungan antioksidan serta pektin, yaitu serat larut yang sangat ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

4. Anggur

Selain kaya serat, anggur mengandung zat katekin yang sangat ampuh menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Katekin bekerja menurunkan risiko penyakit jantung dengan menurunkan tingkat oksidasi terhadap kolesterol LDL dan mencegah pembekuan platelet yang menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

5. Alpukat

Buah yang kaya asam lemak tak jenuh ini dapat menurunkan kolesterol LDL yang dapat merugikan kesehatan.
Lemak tidak jenuh tunggal juga mempunyai aktivitas antioksidan yang menjaga tubuh dari kerusakan arteri akibat keganasan kolesterol LDL.

6. Wortel

Sayuran ini juga mampu menghadang laju kolesterol darah. Tanaman ini mengandung alkaloid, fl avonoid, protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, belerang, vitamin A, B, C dan D, juga beta karoten dan asam lemak tak jenuh ganda. Vitamin C pada tanaman ini berkhasiat sebagai antioksidan yang melindungi kolesterol LDL dari proses oksidasi.

Oleh Yohanes Sunardi, Founder Health & Fit Indonesia.



Leave a Reply