Input your search keywords and press Enter.

NEGOSIASI CERDAS

Tugas utama para sales adalah bernegosiasi. Tidak hanya sales, semua orang melakukan negosiasi setiap hari. Kita bernegosiasi dalam urusan pekerjaan, di rumah, atau belanja. Berikut sejumlah tips bagi sales untuk bernegosiasi secara efektif yang berhubungan dengan faktor waktu.

Peraturan 1 – Peraturan batas waktu (deadline)
Ingatlah bahwa dalam setiap negosiasi, kedua pihak memiliki batas waktu. Peraturan umum dalam negosiasi adalah pihak yang bersedia mengambil risiko melampaui batas waktu memiliki keunggulan dalam negosiasi. Oleh karena itu, sebelum bernegosiasi dengan klien, akan sangat baik jika Anda memiliki izin kuasauntuk melampaui batas waktu yang telah ditetapkan, jika benar-benar dibutuhkan. Fleksibilitas ini bergunauntuk memberi Anda posisi yang lebih unggul saat bernegosiasi.

Peraturan 2 – Pihak yang memiliki waktu lebih singkat akan merugi
Pihak yang memiliki waktu yang lebih terbatas sering kali berada dalam posisi yang kalah dalam negosiasi. Oleh sebab itu, jika Anda adalah pihak yang tidak memiliki waktu, usahakan sebaik mungkin agar lawan bicara Anda tidak mengetahui hal itu. Jika mereka tahu, mereka berada dalam posisi untuk mengimpit Anda.

Peraturan 3 – Meskipun tampak tenang, pihak lawan pasti memiliki batas waktu
Jika Anda terbeban dengan batas waktu, tetapi pihak lawan Anda tampak tenang dan tidak dibebani batas waktu, jangan panik. Semua orang pasti punya batas waktu. Jika tidak, mereka tidak akan bersedia bertemu dengan Anda. Mereka hanya berpura-pura. Mulailah menggali informasi. Setelah menemukan batas waktu mereka, Anda berada dalam posisi yang lebih kuat untuk bernegosiasi.

Peraturan 4 – Semua batas waktu perlu dianalisis
Ketika batas waktu mereka jauh lebih lama daripada Anda, ingatlah peraturan ini-Semua batas waktu perlu dianalisis. Jangan semata-mata menerima dan mengikuti apa adanya. Lakukan analisis dan perbandingan. Cermati setiap informasi. Perhatikan petunjuk mengenai hal-hal yang tidak dikatakan.

Peraturan 5 – Kesabaran adalah sifat yang selalu baik Ini adalah peraturan emas dalam negosiasi. Jangan terlalu emosional. Orang yang emosi (gampang marah) selama negosiasi sering kali kehilangan keseimbangan. Orangseperti ini tidak akan bisa berpikir rasional sehingga keputusannya pun gegabah. Negosiator yang berpengalaman dan ahli sering menggunakan teknik ini ketika melihat lawan bicara mereka mempunyai temperamen yang meledak-ledak. Oleh karena itu, tetaplah tenang dan jangan lepas kendali.

Peraturan 6 – Jika terkejut dengan hal-hal yang tak terduga, mintalah waktu untuk berpikir

Kadang pihak lawan dengan sengaja ingin mengejutkan Anda dengan pertanyaan yang tidak ada dalam tema negosiasi, atau sesuatu yang sebelumnya tidak Anda persiapkan. Ketika Anda terjebak dalam situasi ini, mintalah waktu untuk berpikir. Tunda keputusan Anda. Jangan mengizinkan pihak lawan membuat Anda tergesa-gesa mengambil keputusan. Minta waktu ekstra untuk mempertimbangkan ulang. Keputusan ini akan menunjukkan bahwa Anda memiliki kendali dalam negosiasi dan Anda bukan orang yang bisa dipaksa. Pada umumnya, mereka akan semakin menghormati Anda.

Peraturan 7 – Proposal yang mendekati batas waktu memiliki kredibilitas lebih
Lebih baik menyerahkan proposal menjelang batas waktu Anda. Hal ini menunjukkan bahwa proposal tersebut telah dibuat dengan mantap. Selain itu, saat pihak lawan memiliki banyak waktu untuk membaca dan mempelajari proposal Anda, mereka cenderung mengajukan permohonan supaya Anda mengurangi ini dan itu. Mereka punya waktu debat yang lebih banyak. Keuntungan lain adalah mereka mengalami tekanan untuk menyepakati proposal tersebut dan tidak punya banyak waktu untuk menemukan celah dalam proposal Anda. Dalam dunia negosiasi, sikap positif dengan menyerahkan proposal secepat mungkin dapat menyerang Anda kembali. Bergeraklah dengan cerdas.

* Sumber majalah Bahana 2013

Leave a Reply